Berawal dari 2NE1 hingga waktunya sebagai artis solo tiba, penyanyi Korea Selatan CL (nama asli: Lee Chae-lin), telah menggebrak tatanan musik dan bisnis hiburan Korea Selatan, ke era global yang terbebas dari batasan underground dengan arus mainstream.

Pada Rabu kemarin (20/10/2021), CL merilis album perdananya ALPHA. "Tie a Cherry" menjadi single perkenalan untuk album perdana dari musisi yang dijuluki “Queen of Kpop”  ini. CL juga merilis video musik untuk "Tie a Cherry" di hari yang sama melalui  akun official YouTubenya, CL Official Channel.

Video musik "Tie a Cherry" membuka adegan dengan tampilan CL yang begitu solid. Terlihat kesan kemandirian, kebebasan dan kepercayaan diri yang begitu kuat, ditambah dengan pesona seksi yang terasa pantas untuk sajian single bergenre hip hop dan bass ini. 

Lagu "Tie a Cherry" ditulis serta disusun oleh CL dan Sokodomo, seorang rapper asal Korea Selatan, serta diproduseri oleh Nick Lee dan SOFTSERVEBOY. Video musiknya sendiri digarap oleh Nick Walker, yang sudah terbukti sepak terjangnya setelah berkolaborasi dengan Beyoncé, Billie Eilish dan Nicki Minaj.

Di bawah label  rekaman Very Cherry, akhirnya CL mengeluarkan album perdananya setelah debut solnya di tahun 2016. Ini menjadi angin segar untuk para penggemar yang telah lama menanti. Untuk kamu yang pernasaran dengan perjalanan karier CL, inilah perjalanan karier CL dari dulu hingga sekarang. 

Perjalanan karier CL

Finally! CL Resmi Merilis Album Perdananya, 'ALPHA'Dok. Internet

CL mengawali kariernya di industri Kpop dengan menjadi rapper sekaligus leader, untuk girl group Kpop 2NE1, yang telah berhasil menerima banyak penghargaan bergengsi. CL menempatkan dirinya sebagai seorang musisi yang versatile, lewat kontribusinya di album Crush milik 2NE1 sebagai penulis lagu dan co-producer. Album Crush, menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa dalam sejarah chart Billboard 200 pada saat itu.

Setelah 2NE1 dinyatakan bubar pada tahun 2016, CL tetap melanjutkan kariernya sebagai solois dan sukses dengan lagu-lagunya, di antaranya "Hello Bitches" dan "MTBD". CL juga melebarkan sayapnya ke pasar Amerika dengan meluncurkan lagu "Lifted". 

Tahun 2019, CL memutuskan untuk hengkang dari agensi YG Entertainment, yang telah 12 tahun menaunginya. Tidak berhenti berkarier, CL menandatangani kontrak dengan agensi SATELLITE414 yang juga menaungi artis internasional seperti Adele dan Beyoncé.

Album ALPHA

Album ALPHA tersedia dua versi yang bisa kamu pilih, yaitu Color ver. dan Mono ver. CL telah membagi perilisan albumnya menjadi tiga bagian. Bagian pertama, adalah perilisan lagu "SPICY" yang sudah bisa kamu dengarkan sejak Agustus 2021 yang lalu. Bagian kedua, adalah perilisan lagu "Lover Like Me" yang sudah ada di platform musik digital sejak bulan September 2021.

Tahun lalu, CL telah merilis lagu "HWA" dan "5 STAR"  yang juga akan dimasukkan ke dalam album ALPHA. Selain judul lagu yang telah disebutkan, kamu bisa menikmati lagu CL lainnya dalam albumini, yaitu "Chuck", "Xai", "Let It", "Paradise", "My Way" dan "Siren".

Pre-order album ini telah dibuka sejak 10 September 2021, dengan album digital yang siap dirilis lebih awal pada 21 Oktober 2021, serta untuk album fisik akan dirilis dua hari setelahnya.

Penghargaan yang diterima CL

Finally! CL Resmi Merilis Album Perdananya, 'ALPHA'Dok. Internet

Mengingat penampilan menakjubkan CL pada acara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2018, CL kembali menyapa penggemar dengan merilis mini album bertajuk In The Name of Love, yang berisi enam lagu pada tahun 2019. 

Penyanyi cantik kelahiran 26 Februari 1991 ini sempat memenangkan beberapa penghargaan. Di antaranya “The Most Inspiring Asian Women” pada ajang People Choice’s Award 2019, serta masuk ke dalam daftar nominasi “100 Most Influential People in the World” yang diadakan oleh majalah TIME sebanyak dua kali. 

Dalam perjalanan kariernya, CL juga berkolaborasi dengan musisi Amerika, seperti  Black Eyed Peas membawakan lagu "Where is the Love?", serta berkontribusi untuk lagu "Dopeness". Bersama rapper Lil Yachty, CL berkolaborasi untuk lagu "Surrender". Tidak ketinggalan, dengan G-Dragon serta Diplo mengambil bagian dalam lagu milik Skrillex, "Dirty Vibe". 

Biar nggak ketinggalan, yuk, nonton video musik "Tie a Cherry" di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/LrYwqmlSAK0

Baca Juga: Ini Alasan CL & Rosé BLACKPINK Bisa Debut Idol K-Pop di Met Gala 2021

Baca Juga: Panthepack, Grup Besutan Jackson Wang Rilis Album Perdana 'The Pack'

Baca Juga: Popbela's Playlist: K-pop Rilisan Oktober