Dalam feng shui, penataan letak ruangan dipercaya dapat memberikan pengaruh bagi pemiliknya. Tata ruang yang salah, malah menghadirkan energi negatif yang membuat suasana di dalam rumah tidak nyaman. 

Feng shui mengatur agar energi negatif dari dalam kamar mandi, tidak mengganggu energi positif di dalam kamar tidur. Alasan tiap orang membangun kamar mandi di dalam kamar tidur tentu untuk memudahkan mobilitas pemilik kamar, sekaligus menjaga privasi aktivitas tersebut.

Lantas, bagaimanakah pandangan feng shui terkait kamar mandi yang diletakkan di dalam kamar tidur? Agar kamu tidak bingung, inilah pandangan feng shui mengenai posisi kamar mandi di dalam kamar tidur dan tips mengaturnya.

Pandangan Feng Shui

1. Kamar mandi akan mengganggu keseimbangan chi

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips MengaturnyaPEXELS/CHRISTA GROVER

Dalam feng shui, chi adalah energi utama yang dibutuhkan di dalam kamar. Energi chi akan memengaruhi kenyamanan penghuni kamar. Dengan meletakkan kamar mandi di dalam kamar tidur, kamu dapat mengganggu aliran chi. Akibatnya, aliran chi menjadi tidak seimbang, sehingga kenyamanan di dalam kamar akan berkurang.

2. Kualitas tidur akan terganggu

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips Mengaturnyahellosehat.com

Jika kamu memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur, feng shui percaya hal ini dapat membuat aliran chi tidak seimbang. Hal ini disebabkan karena kamu meletakkan dua aktivitas, dengan dua energi yang berbeda di dalam satu ruang. Akibatnya, aliran chi condong ke arah negatif karena hawa dari dalam kamar mandi, sehingga kualitas tidur kamu dapat terganggu.

3. Meningkatkan stres pemilik kamar

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips Mengaturnyaistockphoto

Dalam pandangan feng shui, meletakkan kamar mandi di dalam kamar tidur bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Di dalam kamar mandi, terdapat pipa toilet, yang memiliki chi negatif yang kuat. Energi air, akan membawa perasaan kamu mengarah kepada hal yang tidak berdasar. Ketika energi tersebut menyatu dengan chi positif di dalam kamar, kamu akan mudah merasakan stres tanpa alasan.

4. Mengganggu kesehatan pemilik kamar

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips MengaturnyaFreepik.com

Toilet memiliki chi negatif yang sangat besar. Selain itu, toilet adalah tempat pemilik kamar membuang kotoran. Selain energi negatif yang akan hadir jika kamu memiliki toilet di dalam kamar, bakteri dan kuman yang ada di toilet akan mudah berpindah ke dalam kamar. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Tips mengatur toilet di dalam kamar

1. Menutup pintu kamar mandi

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips MengaturnyaGetty Images

Jika kamu sudah terlanjur memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur, kamu tidak perlu melakukan perombakan ulang. Kamu hanya perlu menambahkan elemen tertentu, agar chi negatif dari kamar mandi tidak menyebar ke dalam kamar.

Tips yang pertama adalah, memastikan untuk selalu menutup kloset dan pintu kamar mandi. Hal ini dapat mengurangi gangguan seperti suara tetesan air dan menghalau bau yang tidak sedap, agar tidak mengganggu waktu istirahat kamu.

2. Kamar mandi harus memiliki ventilasi

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips MengaturnyaHome Stratosphere

Kamu perlu mengatur letak ventilasi udara di dalam kamar mandi dengan tepat. Hal ini bertujuan agar udara bersih dan cahaya alami dari sinar matahari, dapat masuk ke dalam kamar mandi. Jika tidak memungkinkan untuk membuat ventilasi, kamu bisa menaruh cermin dan tanaman hijau, agar toilet kamu terasa lebih segar.

3. Menggunakan ubin keramik

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips Mengaturnyatileideas.co.uk

Tips untuk kamu yang memiliki toilet di dalam kamar mandi selanjutnya, adalah menggunakan ubin keramik untuk lantai kamar mandi. Ubin keramik, mewakili elemen tanah, yang kamu butuhkan untuk menyeimbangkan elemen air di dalam toilet.

4. Memperhatikan letak pintu kamar mandi

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips Mengaturnyawww.rukita.co

Pintu kamar mandi, memegang peranan penting untuk menghalau bertabrakannya dua energi di dalam kamar. Kamu perlu menghindari peletakkan pintu kamar mandi yang menghadap ke arah kasur, hal ini dipercaya dapat mendatangkan energi negatif bagi orang yang sedang tertidur.

5. Memerhatikan letak kasur

Feng Shui Posisi Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur & Tips Mengaturnyawww.dekoruma.com

Tips terakhir untuk kamu yang memiliki toilet di dalam kamar mandi, adalah dengan memerhatikan letak kasur. Jangan meletakkan posisi kepala tempat tidur ke dinding toilet atau saluran air. Suara dari aliran air yang berasal dari dalam toilet akan mengganggu kualitas tidur kamu, sehingga kamu tidak dapat beristirahat dengan maksimal.

Itulah pandangan feng shui mengenai kamar mandi di dalam kamar tidur dan tips mengaturnya. 

Baca Juga: 10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luas

Baca Juga: Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luas

Baca Juga: Bikin Lega, 10 Cara Mendekorasi Kamar Minimalis Apartemen Studio