Pada umumnya, film dan serial bertema spionase mengisahkan seputar kegiatan intelijen yang biasa dilakukan satu atau sekelompok orang untuk menggali informasi yang sifatnya rahasia. Memiliki plot twist yang tidak terduga, film dan serial bertema mata-mata atau spionase banyak digandrungi.

Ditambah dengan berbagai adegan action yang menegangkan, penonton dibuat geregetan pada tiap kesempatan. Untuk kamu yang ingin memutar otak untuk memecahkan misteri, menahan nafas karena terlalu tegang, hingga melihat bagaimana kelompok mafia bekerja, inilah rekomendasi tayangan bertema spionase yang bisa kamu tonton. Keep scrolling, Bela!

1. The Gray Man (2022)

https://www.youtube.com/embed/BmllggGO4pM

Terbaru di Netflix, film ini diangkat dari novel populer Mark Greaney yang terbit di tahun 2009. The Gray Man berkisah tentang mata-mata ulung bernama Court Gentry (Ryan Gosling) alias Sierra Six, yang tiba-tiba terdesak untuk menyelamatkan diri ketika mantan rekannya di CIA, Lloyd Hansen (Chris Evans) memburunya secara membabi-buta. Didampingi oleh agen Dani Miranda (Ana de Armas), Court Gentry terlibat perseteruan maut yang panjang dan mendebarkan di berbagai pelosok dunia.

Berselubung Rahasia! Rekomendasi 5 Serial & Film Mata-Mata di NetflixNetflix

Pada awalnya, Brad Pitt dirumorkan akan menjadi pemeran utama di bawah arahan sutradara James Gray, namun di tahun 2015 keduanya tidak lagi terlibat pada adaptasi novel tersebut. Pada akhirnya, Anthony dan Joe Russo dipercaya untuk duduk sebagai sutradara dan memulai syutingnya pada Maret 2021 di Los Angeles. Menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat oleh Netflix, The Gray Man menghabiskan biaya produksi sebesar US$200 juta atau lebih dari Rp2 triliun.

2. Spycraft (2021)

https://www.youtube.com/embed/fMgYwpky4WY

Spycraft merupakan serial dokumenter yang modern dengan durasi sekitar 30 menit tiap episodenya. Mendokumentasikan berbagai teknik mata-mata, serial ini berfokus pada perkembangan teknologi yang telah mengubah dan memajukan dunia mata-mata.

Berselubung Rahasia! Rekomendasi 5 Serial & Film Mata-Mata di NetflixNetflix

Mengupas tuntas dunia mata-mata, Spycraft berkisah mulai dari sejarah, sistem kerja, bagaimana merekrut calon mata-mata yang ideal, hingga berbagai alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi—tentunya secara diam-diam—seperti mikrofon yang diselipkan di tempat tak terduga dan kode rahasia.

3. Red Notice (2021)

https://www.youtube.com/embed/Pj0wz7zu3Ms

Demi mengintai buronan kelas kakap nan licin bernama The Bishop (Gal Gadot), profiler FBI John Hartley (Dwayne Johnson) dengan berat hati berkolaborasi bersama penipu ulung Nolan Booth (Ryan Reynolds). Pengejaran mereka dilakukan dengan mengenakan berbagai kedok yang berujung ke berbagai lokasi di dunia dalam petualangan yang mengasyikkan dan penuh kejutan.

Berselubung Rahasia! Rekomendasi 5 Serial & Film Mata-Mata di NetflixNetflix

Disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber, Red Notice menampilkan beragam aksi yang seru dan menantang, sisipan humor, serta interaksi yang menghibur di antara para karakternya.

Awalnya, Red Notice diumumkan pada 8 Februari 2018 sebagai film komedi aksi yang dibintangi oleh aktor Dwayne Johnson—dan ternyata benar adanya. Bukan hanya menjadi aktor, Dwayne juga duduk sebagai produser. 

Film ini digarap pada Januari 2020 namun mengalami penundaan produksi akibat pandemi. Kemudian, proses produksi berlanjut pada September 2020 dan tayang di tahun 2021. Fyi, salah satu adegan pada film ini mengambil latar di pulau Bali, namun hanya berupa efek visual, karena situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk kru dan pemeran berangkat ke Bali.

4. The Sleepover (2020)

https://www.youtube.com/embed/zqhfd79fbFs

Dua bersaudara, Clancy (Sadie Stanley) dan Kevin (Maxwell Simkins) secara tak terduga mendapati bahwa ibu mereka, Margot (Malin Akerman), ternyata merupakan mantan pencuri kelas kakap.

Saat ibu mereka diculik oleh bekas komplotannya dulu, Leo (Joe Manganiello)—terpaksa untuk melakukan perampokan terakhir—Clancy dan Kevin bekerja sama dengan dua teman mereka untuk melakukan penyelamatan berbekal petunjuk dan sejumlah alat canggih dalam petualangan baru mereka yang seru!

Berselubung Rahasia! Rekomendasi 5 Serial & Film Mata-Mata di NetflixNetflix

Selain menghadirkan adegan-adegan yang menghibur, nyatanya para aktor film ini mempelajari seluruh adegan pertarungan alih-alih mengandalkan pemain pengganti.

Bahkan, Ken Marino pemeran Ron tangannya terluka akibat salah satu adegan, dan Malin Akerman pemeran Margot, sempat mematahkan giginya dalam adegan menabrak penjaga. Tidak tanggung-tanggung, Sadie Stanley sampai mengambil kelas bermain cello untuk perannya sebagai Clancy.

5. Vincenzo (2021)

https://www.youtube.com/embed/S12-4mXCNj4

Vincenzo mengisahkan seorang Vincenzo Cassano (Song Joong Ki) yang bekerja sebagai pengacara untuk sebuah kelompok mafia Italia. Ketika ia akhirnya harus pergi ke Korea, dirinya tak segan menggunakan taktik kejam untuk mengalahkan kejahatan, karena ia percaya bahwa kejahatan harus dilawan dengan hal serupa.

Berselubung Rahasia! Rekomendasi 5 Serial & Film Mata-Mata di NetflixNetflix

Tayang di tvN dan Netflix, drama Korea ini digarap oleh sutradara Kim Hee Won yang juga menggarap drama Money Flower (2017), The Crowned Clown (2019) hingga Little Women (2019). Tayang sebanyak 20 episode, Vincenzo (2021) berhasil meraih rata-rata rating sebesar 7.7% yang membuatnya berhasil menduduki peringkat 3 besar serial tvN dengan rating premiere tertinggi.

Itulah beberapa rekomendasi tayangan yang berselubung rahasia, kehidupan dan kegiatan seorang mata-mata yang layak kamu tonton. Tertarik menonton yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Judul Dokumenter Netflix tentang Misteri Kejahatan yang Mengerikan

Baca Juga: Ciptakan Konspirasi, 5 Organisasi Rahasia Paling Misterius di Dunia

Baca Juga: Masih Trending, 7 Alasan untuk Tak Melewatkan Film Aksi 'The Gray Man'