Plagiarisme adalah perbuatanya yang tercela. Di mana seseorang atau suatu kelompok memakai hasil karya orang lain dan diakui sebagai miliknya sendiri. Sikap ini tentunya dapat merugikan si pemilik karya aslinya. nggak hanya merugikan orang lain, plagiarisme ini juga ternyata bisa merugikan diri sendiri lantaran nama baik orang yang melakukan plagiarism tersebut akredibilitasnya akan berkurang.

Nah, tahu nggak sih Bela kalau ada beberapa tokoh terkemuka yang pernah dituduh melakukan plagiarisme lho! Kamu pasti penasaran kan siapa saja mereka? Yuk, langsung kita intip aja, Bela!

1. Britney Spears

5 Tokoh Terkemuka yang Pernah Tersandung Kasus Plagiarisme
vanityfair.com
 

Penyanyi pop yang satu ini pernah diduga mencuri lirik lagu dari seorang penulis lagu bernama Wallace. Pada saat itu, Wallace menuntut Britney serta label rekamannya. Walaupun kasus ini ditolak oleh pengadilan, namun Britney memang kerap kali tersandung masalah plagiarisme. Selain kasus Wallace, Britney pernah tertangkap ketika lagu single-nya yang berjudul Hold It Againts adalah hasil menyalin beberapa lirik dari karya Bellamy Brothers.

2. J. K. Rowling

5 Tokoh Terkemuka yang Pernah Tersandung Kasus Plagiarisme
medium.com
 

Penulis Harry Potter yang satu ini ternyata diduga pernah melalukan tindakan plagiarisme lho, Bela! Ia pernah digugat oleh Adrian Jacobs lantaran diduga mencuri ide dari Adrian pada buku serial keempat Harry Potter yang berjudul “The Goblet of Fire”. Adrian menyatakan bahwa beberapa jalan cerita, termasuk kontes sihir dan proses penyelamatan dari monster toilet mirip dengan ceritanya yang tertulis di buku “Willy The Wizard”.

3. Melania Trump

5 Tokoh Terkemuka yang Pernah Tersandung Kasus Plagiarisme
time.com
 

Nggak disangka-sangka, seorang istri presiden seperti Melania Trump ternyata juga pernah melakukan tindakan plagiarisme, Bela! Pada pidatonya, Melania diduga menjiplak dari Michelle Obama yang tak lain adalah istri presiden Barack Obama. Seperti contohnya pada kalimat “from a young age, my parents impressed me on the value that you work hard for what you want in life, that your word is bond of and you do what you say and keep your promise, that you treat people with respect.” Kata-kata berikut pun sama persis seperti apa yang dikatakan Michelle Obama pada saat pidato delapan tahun sebelumnya.

4. Dan Brown

5 Tokoh Terkemuka yang Pernah Tersandung Kasus Plagiarisme
thedailybeast.com
 

Penulis buku The Da vinci Code yang satu ini juga nggak luput dari kasus plagiarisme. Bahkan, Dan Brown sudah tujuh kali dituntut lantaran kasusnya ini. Meskipun kasus ini telah ditutup oleh pengadilan lantaran bukti kurang valid, namun beberapa sastrawan seperti Michael Baigent, Richard Leigh’s Holy Grail, Jack Dunn, dan masih banyak lagi.

5. Barack Obama

5 Tokoh Terkemuka yang Pernah Tersandung Kasus Plagiarisme
time.com
 

Mantan presiden Amerika Serikat yag satu ini juga nggak bisa mengelak lantaran dirinya pernah tertangkap melakukan plagiarisme pada saat pidato. Pada saat pidatonya di tahun 2008, isi pidato Barack Obama sama persis dengan isi pidato yang dilontarkan pidato Gubernur Massachusetts, Deval Patrick dua tahun sebelumnya. Sedangkan untuk struktur pidatonya, pidato Barack Obama sama persis dengan mantan Presiden Amerika Serikat George Bush pada tahun 2007.

BACA JUGA: 5 Buku yang Bisa Membuatmu Percaya Diri