Kita semua telah mengetahui bahwa setiap makanan kemasan tentunya memiliki masa kadaluwarsanya, masing-masing tergantung seberapa banyak pengawet yang digunakan pada produk tersebut. Namun, tahukah kamu, Bela bahwa ternyata ada lho makanan yang nggak dibatasi oleh tanggal kadaluwarsa dan bisa dikonsumsi kapanpun waktu dan di manapun. Nah, penasaran nggak sih makanan seperti apa saja itu?

Yuk langsung kita simak aja, Bela!

1. Madu

Sadar Nggak Sih Kalau 4 Makanan Ini Bebas Masa Kadaluwarsa?
forestproduct.com.vn
 

Madu adalah salah satu bahan makanan yang sangat digemari oleh orang banyak. Nggak hanya rasanya yang manis tapi madu juga bisa menyehatkan dan membuat tubuh lebih segar. Nah, di balik jutaan manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi madu, ternyata madu juga termasuk salah satu bahan makanan yang tidak akan pernah kadaluwarsa. Kandungan kimia yang terdapat pada madu membuat bakteri sulit tumbuh sehingga proses pembusukkan pada madu pun tidak terjadi.

2. Gula

Sadar Nggak Sih Kalau 4 Makanan Ini Bebas Masa Kadaluwarsa?
uxdesign.cc
 

Selain madu yang tidak akan kadaluwarsa, ternyata gula yang rasanya nggak kalah manis pun termasuk bahan makanan yang tidak akan pernah kadaluwarsa lho, Bela! Hal ini dibuktikan jika gula sudah berubah bentuk menjadi padat atau pun cair, hal itu nggak akan mengubah kualitas dari gula tersebut untuk dikonsumsi.

3. Cuka

Sadar Nggak Sih Kalau 4 Makanan Ini Bebas Masa Kadaluwarsa?
medicalnewstoday.com
 

Salah satu bahan makanan yang sering disediakan pada saat di restoran ini pun nggak hanya mampu menyedapkan makanan agar jadi lebih enak, namun juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak memiliki batas kadaluwarsa. Untuk menjaga agar cuka tetap dapat dikonsumsi dalam waktu yang lama, simpanlah di wadah yang kedap udara dan hindari dari tempat bersuhu panas.

4. Kecap kedelai

Sadar Nggak Sih Kalau 4 Makanan Ini Bebas Masa Kadaluwarsa?
epicurious.com
 

Kecap kedelai dapat disimpan dan dikonsumsi setidaknya selama tiga tahun setelah kemasan dibuka. Tapi, itu semua tergantung pada proses pengolahan, kualitas, serta suhu penyimpanan kecap tersebut. Kecap kedelai yang memiliki kualitas terbaik tentunya hanya melalui proses fermentasi alami dan memakan waktu yang tidak sebentar. maka dari itu, nggak heran kalau kecap kedelai dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Gemas! 6 Makanan ini Sayang Banget untuk Dimakan​