Menggunakan sheet mask merupakan bagian dari rutinitas perawatan kulit yang dapat bermanfaat bagi kulit wajah. Sheet mask dapat membantu mengatasi berbagai masalah perawatan kulit tertentu seperti kulit kusam atau minyak berlebih. Nah, agar penggunaannya memberikan hasil maksimal, ada baiknya kamu menghindari tujuh kesalahan berikut ini. Simak baik-baik ya!

1. Memakai Sheet Mask Terlalu Lama

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Maskanthemusb.com

Adakalanya kita membiarkan sheet mask terus menempel meski sudah melewati waktu anjuran pemakaian. Alasannya karena masker masih basah an sayang jika dibuang. Padahal, menggunakan sheet mask terlalu lama justru akan membuat masker menyerap kelembapan kulit yang membuat wajah jadi dehidrasi atau bahkan iritasi. Jadi sesuaikan waktu penggunaan sheet mask dengan mengikuti petunjuk waktunya ya.

2. Mengaplikasikannya Pada Wajah yang Kotor

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Maskzhsuicel.com

Kesalahan umum yang banyak dilakukan saat menggunakan sheet mask salah satunya ialah mengaplikasikannya pada kulit wajah yang kotor. Menggunakan sheet mask pada wajah yang kotor hanya akan membuat pori-pori tersumbat hingga timbul berbagai masalah seperti kulit kemerahan, bruntus, hingga jerawat. Oleh karena itu jangan lupa untuk membersihkan dulu wajah sebelum mengaplikasikan sheet mask untuk mendapatkan hasil yang optimal ya.

3. Asal Memilih Sheet Mask

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Masknet-a-porter.com

Sheet mask memiliki banyak varian dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda seperti mencerahkan, mampu mendetoks kulit, melembapkan dan lainnya. Saat menggunakan sheet mask pilihlah yang sesuai dengan perawatan yang kamu butuhkan. Produk dengan kandungan yang tepat akan membuat hasil yang optimal dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

4. Mencuci Muka Setelah Menggunakan Sheet Mask

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Masklindsaysilberman.com

Kandungan essence yang terdapat pada sheet mask membawa manfaat untuk kulit. Essence yang terdapat pada sheet mask bekerja di kulit kita setelah dilepaskan dari wajah, sehingga setelah melepas sheet mask biarkan essence yang tersisa meresap ke dalam kulit sambil memijatnya secara perlahan dengan tangan yang bersih.

5. Menggunakan Sheet Mask dengan Posisi yang Salah

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Maskfreepik.com

Saat menggunakan sheet mask pastikan posisi masker menempel dengan sempurna di wajah agar hasilnya maksimal. Tekan dan ratakan dengan lembut masker ke seluruh wajah menyesuaikan dengan bentuknya. Semakin sheet mask menempel dan menyatu dengan kulit, semakin banyak essence yang akan menyerap ke dalam kulit, jadi pastikan untuk menggunakannya secara merata di seluruh kulit wajah untuk hasil yang sempurna ya.

6. Melupakan Basic Skin Care Routine

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Sheet Masklookfantastic.com.au

Untuk wajah yang sehat dan glowing maksimal, jangan lupa untuk menerapkan basic skincare routine seperti menggunakan serum dan pelembap yang berguna untuk mengunci essence dari sheet mask

Baca Juga: Hati-Hati, Sheet Mask Favoritmu Boleh Jadi Nggak Ramah Lingkungan