Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh para kaum Hawa. Meski banyak yang mengalami, nyatanya jerawat sering kali berimbas pada kesehatan mental seseorang. Tak sedikit perempuan yang merasa tak percaya diri, mengalami kecemasan, serta kualitas hidupnya berkurang karena timbul jerawat di wajah. 

Stefany Talita Bagikan Pengalaman Mental Breakdown Akibat JerawatYoutube.com/Popbela

Hal ini turut dirasakan oleh beauty influencer, Stefany Talita. Dalam sesi webinar bertajuk “Bentuk Cinta untuk Diri yang Tak Sempurna” di Festival Pulih 2021, Stefany membagikan pengalamannya yang sempat mengalami mental breakdown akibat jerawat. 

“Sebenarnya aku baru jerawatan beberapa tahun ini. Dulu saat masih sekolah mukanya nggak kenapa-kenapa, terus tiba-tiba sekarang jerawat satu muka. Awalnya sempat stres, kadang-kadang kalau ngaca sedih banget, sih. Kadang lihat orang mukanya lebih mulus, nggak perlu pakai makeup nggak kenapa-kenapa. Aku kalau ngaca sampai stres, kapan sih selesainya?” cerita Stefany, Jumat (26/11/2021).

Stefany Talita Bagikan Pengalaman Mental Breakdown Akibat JerawatYoutube.com/Popbela

Stres yang dialami Stefany pun semakin bertambah kala ia melihat banyak orang yang mengomentari kondisi wajahnya yang berjerawat. Hal ini membuat kepercayaan dirinya menurun, bahkan ia sampai enggan membuat konten video jika sedang berjerawat. Tapi perlahan, ia pun mulai bisa menerima dan berdamai dengan kondisinya.

“Mungkin awalnya waktu aku belum pernah jerawatan aku stres gitu. Tapi sekarang pas jerawatan satu muka, lama-lama harus mulai menerima, nih. Karena kalau semakin stres makin banyak jerawatnya. Toh aku juga udah berusaha nggak seperti ini, jadi aku menerima diri aku sendiri,” tutur Stefany.

Stefany Talita Bagikan Pengalaman Mental Breakdown Akibat JerawatYoutube.com/Popbela

Ibu dua anak ini mengaku sampai sekarang masih menjadi acne fighter. Rupanya, salah satu faktor yang menyebabkannya mengalami jerawat karena hormon menyusui. Tak mau tinggal diam, Stefany pun tetap berupaya mengobati jerawat yang timbul di wajahnya dengan segala cara. Mulai dari melakukan perawatan di dokter kulit, melakukan produk skincare yang tepat, serta membangun mindset positif agar tidak stres.

“Saat aku jerawatan, aku udah tahu product apa yang harus aku pakai ke wajah aku. Salah satunya rangkaian dari La Roche Posay Effaclar. Sebenarnya aku udah cocok dari lama. Aku pakai LRP dari 2018, itu awal aku jerawatan saat belum masuk ke Indonesia. Makanya sekarang pas udah masuk ke Indonesia, aku senang banget jadi aku nyarinya gampang,” jelasnya.

Stefany Talita Bagikan Pengalaman Mental Breakdown Akibat JerawatInstagram.com/larocheposay

Stefany menjabarkan bahwa ia menggunakan tiga produk dari La Roche Posay Effaclar, yaitu serum, facial wash, dan pelembap. La Roche Posay Effaclar merupakan perawatan lengkap yang intensif melawan jerawat dan tanda kulit berjerawat, membantu menyamarkan jerawat membandel, serta noda akibat jerawat yang muncul pada kulit. Produk ini juga allergy tested dan non-comedogenic sehingga aman untuk kulit sensitif. 

Untuk cerita Stefany Talita yang lebih banyak lagi, kamu dapat menyaksikan tayangannya di Instagram @popbela_com dan kanal YouTube Popbela. Jangan lupa, masih banyak sosok pulih lainnya yang akan memotivasimu selama Festival Pulih berlangsung. Stay tuned!

Baca Juga: Tips Tingkatkan Self-Awareness A la Dira Sugandi

Baca Juga: Hampir Menyerah, Najwa Shihab Berbagi Momen Kegagalan dalam Kariernya

Baca Juga: IG #RealTalk dengan Mima Shafa, Bahas Kecemasan Hadapi Masa Depan