Menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung adalah salah satu bentuk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Hal tersebut dikarenakan paparan sinar matahari dapat merusak jaringan kulit dengan mudah dan dapat menurunkan tingkat perlindungan pada kulit sehingga kerap kali kulit tampak kusam dan kering. Oleh karena itu, kulit pun sangat membutuhkan produk sunblock. Siapapun tahu kalau sunblock mengandung SPF yang dipercaya sebagai pelindung kulit. 

Namun, siapa bilang kalau produk sunblock yang dapat digunakan hanya yang berbentuk lotion saja? Padahal, kamu pun juga dapat mencoba sunblock alami sebagai alternatif lain yang lebih hemat dan lebih aman untuk digunakan. Dengan memanfaatkan beberapa kandungan bahan alami ini, cari tahu yuk kenapa rangkaian bahan alami ini bisa dipercaya untuk melindungi kulitmu!

1. Minyak kelapa

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!nytimes.com

Tinggi akan vitamin E yang dibutuhkan untuk pelrindungan kulit, minyak kelapa pun memegang urutan pertama sebagai sunblock alami yang ampuh untuk digunakan. Selain itu, minyak kelapa pun sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit dengan maksimal sehingga tak perlu takut jika kulit mengalami hidrasi.

2. Minyak gandum

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!naturallycurly.com

Selain minyak kelapa, jenis minyak lainnya yang patut disebut sebagai salah satu sunblock alami terbaik ialah minyak gandum. Namun berbeda dengan minyak kelapa, minyak gandum tak hanya sekedar memberikan kelembapan pada kulit tetapi juga mengandung SPF alami yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Shea butter

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!Healthline.com

Siapapun tahu bahwa shea butter merupakan bahan alami yang sangat baik untuk keindahan serta kesehatan kulit. Shea butter pun juga sering dimanfaatkan sebagai sunblock alami karena teksturnya yang bekerja untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi serta terlindungi dari sinar matahari, gunakanlah shea butter sebagai lotion sehari-hari.

4. Raspberry

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!medicalnewstoday.com

Buah raspberry mengandung tinggi antioksidan yang sangat baik untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker pada kulit. Selain dapat dikonsumsi, raspberry pun dapat diolah dengan campuran bahan lainnya seperti minyak kelapa sebagai sunblock alami yang dapat digunakan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.

5. Lidah buaya

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!Doc istimewa

Sering dimanfaatkan sebagai kandungan bahan utama pada produk perawatan kulit, siapa sangka bahwa lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai sunblock alami karena kandungan airnya yang dapat mencegah kulit dari iritasi ringan akibat suhu panas sinar matahari serta tak membuat kulit menjadi dehidrasi. Cara penggunaannya mudah banget, cukup oleskan gel lidah buaya pada seluruh kulitmu dan biarkan mengering dengan sempurna.

6. Wortel

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!Refinery29.com

Ada yang tahu kalau wortel dapat dijadikan sebagai sunblock alami yang terbukti ampuh? Yup, hal itu bukanlah mitos lho, Bela. Wortel terbukti sangat baik dalam meningkatkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari sehingga kulit pun tidak menjadi rusak. Namun, untuk dapat digunakan, kamu harus mencampur wortel dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun atau lemon, dan cukup gunakan cairannya saja ya.

7. Daun teh

Bisa Bikin Sendiri, Coba 7 Sunblock Alami Ini Yuk!idressfortheapplause.com

Sama halnya dengan buah raspberry, daun teh pun juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan patut dicoba sebagai sunblock alami untuk bisa kamu gunakan. Cukup berbeda dengan sunblock alami lainnya, air dari seduhan daun teh lebih memudahkanmu dalam pengaplikasian karena cepat meresap pada kulit.

Nah, itulah 7 sunblock alami yang dapat kamu olah sendiri di rumah dan dapat digunakan tanpa merogoh kocek. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Nggak Takut Kulit Belang, Lindungi Kulit dengan 7 Sunblock Buat Renang