Memiliki kulit yang indah dan glowing menjadi salah satu pendukung agar tampilanmu lebih memesona. Tentu saja hal tersebut menjadi dambaan para perempuan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan tampilan kulit indah dan glowing. Namun, terkadang kulit kering pun menjadi penghalangnya. Tak sedikit juga perempuan yang bermasalah dengan kulit kering yang kerap kali menimbulkan rasa kurang nyaman pada kulit serta mengurangi rasa percaya diri. 

Untuk itu, sebelum kamu hendak mengatasinya, yuk kenali lebih lagi penyebab kulit kering agar memudahkanmu untuk mencari solusinya!

1. Terlahir dengan jenis kulit kering

Penyebab kulit kering yang pertama ialah dikarenakan faktor genetik. Maka, jika orang tuamu memiliki jenis kulit yang kering, maka besar kemungkinan, kamu pun terlahir dengan jenis kulit yang sama. Namun, tenang saja, Bela! Bukan berarti penyebab kulit kering yang satu ini tak dapat diatasi. Pilihlah produk perawatan yang memiliki bahan kandungan untuk memberikan kelembapan serta mengunci kelembapan sehingga kulit tetap terhidrasi.

2. Cuaca

Selain faktor genetik, penyebab kulit kering lainnya ialah dikarenakan cuaca yang kurang mendukung. Baik cuaca terlalu dingin maupun terllau panas, keduanya dapat menghilangkan kelembapan alami kulit seseorang. Untuk itu, penting sekali berjaga-jaga dengan menyediakan stok produk yang dapat menjadi solusi saat cuaca tidak stabil seperti penggunaan moisturizer dan sunscreen.

Yuk, Kenali Lebih Lagi Penyebab Kulit Keringtotalbeauty.com

3. Terlalu sering mencuci wajah

Siapa bilang terlalu sering mencuci wajah dapat membuat kulit wajah tampak jauh lebih bersih? Pasalnya, terlalu sering mencuci wajah dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering lho! Karena terlalu sering mencuci wajah dapat mengangkat kelembapan alami kulit dan berlanjut menjadi dehidrasi. Sebaiknya, cucilah wajah dengan secukupnya saja ya, Bela!

4. Mencuci wajah menggunakan air hangat

Walaupun penggunaan air hangat dapat memberikan sensasi rileks pada tubuh, namun kamu harus berhati-hati saat menggunakan air hangat saat mencuci wajah karena suhu hangat dari air yang kamu gunakan untuk mencuci wajah dapat mengurangi kelembapan pada kulit wajah sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kering. Jadi, idealnya, gunakan air dengan suhu biasa saja ya.

Yuk, Kenali Lebih Lagi Penyebab Kulit Keringhealth.com

5. Menggunakan scrub setiap hari

Produk scrub memang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. Namun, bukan berarti kamu menggunakannya setiap hari ya, Bela! Karena bukannya kulitmu makin bersih, yang ada bisa memicu salah satu penyebab kulit kering lho. Sebaiknya, gunakan produk scrub untuk perawatan mingguan yang digunakan sekali dalam seminggu saja.

6. Menggunakan produk perawatan yang mengganggu keseimbangan pH kulit

Penting untuk kamu ketahui bahwa ada beberapa produk perawatan yang dapat menjadi penyebab kulit kering. Produk tersebut biasanya mengandung pH yang terlalu asam sehingga dapat mengganggu keseimbangan pH kulitmu dan berakhir dengan tekstur kulit yang sangat kering. 

Biasanya produk tersebut mengandung berbagai bahan aktif yang biasanya terdapat pada produk perawatan untuk kulit jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk yang melembapkan ke dalam salah satu rangkaian perawatan kulitmu.

Yuk, Kenali Lebih Lagi Penyebab Kulit Keringindependent.co.uk

7. Kekurangan cairan tubuh

Ternyata, nggak hanya faktor dari luar saja, penyebab kulit kering juga dapat disebabkan oleh faktor dari dalam seperti kurang meminum air putih sehingga tubuh kekurangan cairan. Jadi, selain menggunakan produk pelembap, kamu pun juga harus banyak minum air putih.

Jadi, itu dia beberapa penyebab kulit kering yang ternyata menjadi faktor yang membuatmu kulitmu dehidrasi. Sebelum kamu hendak mengatasi kulit kering, ketahui dulu faktor yang mana yang menjadi penyebab kulitmu kering. Semoga artikelnya bermanfaat, Bela!

Baca Juga: Biar Tetap Lembap, Ini 7 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering