Memiliki kulit yang kusam tentu menjadi mimpi buruk bagi setiap perempuan. Selain membuat seseorang tampak lebih tua, kulit wajah yang kusam dapat menghilangkan kesan segar pada wajah seseorang. 

Berbagai cara mengatasi kulit kusam pun telah banyak dicoba oleh para perempuan. Dari mulai cara mengatasi kulit kusam dengan menggunakan produk perawatan wajah, hingga cara medis yang sangat instan. 

Jika kamu termasuk salah satu yang bermasalah dengan kulit wajah kusam, tentu kamu harus tahu penyebab kulit kusam terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan dengan cara mengatasinya. Apa saja ya penyebabnya? Baca terus sampai habis ya Bela!

1. Kurangnya kelembapan pada kulit

7 Penyebab Kulit Kusammedium.com

Tanpa disadari, kurangnya kelembapan pada kulit ternyata dapat menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Karena kulit wajah yang kering cenderung memiliki tekstur yang kasar dan warna kulit berubah menjadi lebih kusam secara perlahan. Untuk itu penting sekali untuk memperhatikan kelembapan kulit dengan cara menggunakan pelembap wajah yang benar dan banyak minum air putih.

2. Terjadi penumpukan sel kulit mati

7 Penyebab Kulit Kusamlorealparisusa.com

Jika kamu jarang sekali melakukan eksfoliasi, sudah dapat dipastikan bahwa penyebab kulit kusam padamu dikarenakan penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, perlu sekali untuk melakukan eksfoliasi seperti menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan aktif maupun menggunakan scrub seminggu sekali.

3. Tidak menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan

7 Penyebab Kulit Kusamstylecaster.com

Paparan cahaya matahari dapat menjadi penyebab kulit kusam yang terjadi tanpa kamu sadari. Sebaiknya, selalu lindungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari dengan menggunakan produk sunscreen dengan kandungan SPF yang cukup tinggi.

4. Lupa membersihkan makeup

7 Penyebab Kulit Kusamhartleybeauty.com

Penyebab kulit kusam yang lainnya ialah ketika kamu memiliki kebiasaan lupa membersihkan makeup usai menggunakannya seharian. Bahan kimia yang terkandung pada produk kosmetik dapat mengangkat kelembapan alami kulit wajahmu sehingga kulitmu pun tampak kusam. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan makeup agar terhindar dari masalah kulit kusam ya.

5. Kekurangan vitamin

7 Penyebab Kulit Kusamhealthline.com

Vitamin A dan vitamin C memiliki peranan yang cukup penting dalam mencerahkan kulit wajah. Lalu, jika tubuhmu kekurangan kedua jenis vitamin tersebut, maka bisa dipastikan hal tersebut menjadi penyebab kulit kusam. Jadi, jangan lupa untuk terus mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan vitamin A atau vitamin C.

6. Memiliki kebiasaan buruk

7 Penyebab Kulit Kusamnsightrecovery.com

Salah satu penyebab kulit kusam yang terjadi tanpa kamu sadari ialah kebiasaan buruk setiap orang seperti kecenderungan mengonsumsi alkohol, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, begadang, merokok, dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya belajarlah untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut agar kulitmu pun kembali cerah.

7. Mengalami stres

7 Penyebab Kulit Kusambotanicalsdayspa.com

Tak dapat dipungkiri, stres juga dapat menjadi penyebab kulit kusam. Karena rasa stres yang kamu alami dapat berpengaruh cukup besar pada ketidakstabilan hormon yang dapat membuat kulitmu tampak kusam. Untuk mengatasinya, kamu harus bisa untuk mengontrol rasa stres yang kamu hadapi agar kulitmu juga tak ikutan stres.

Nah, jadi itu dia penyebab kulit kusam yang terjadi tanpa kamu sadari. Setelah kamu betul-betul memahami beberapa penyebabnya, sudah dipastikan hal tersebut membuatmu lebih mudah dalam mengatasi kulit kusam. Semoga artikelnya bermanfaat Bela!

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kulit KusamĀ