Masalah kulit yang satu ini memang sudah tak asing, namun tahu nggak sih bahwa jerawat ternyata tak hanya dapat menyerang bagian kulit wajah saja lho! Ternyata jerawat dapat tumbuh pada bagian yang tak terduga lainnya seperti leher, telinga, dada, dan juga punggung. 

Dari semua area tersebut, bagian punggung merupakan bagian yang cukup sering dialami banyak orang. Rasa gatal dan perih yang ditimbulkan sangat membuat tak nyaman. Sebelum berusaha untuk mencari tahu cara mengatasinya, sebaiknya kenali terdahulu penyebab jerawat di punggung di artikel yang satu ini.

1. Jarang mandi

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungsuave.com

Penyebab jerawat di punggung yang paling utama ialah kurangnya menjaga kebersihan tubuhmu sendiri. Jika kamu malas membersihkan tubuh, tak heran jika punggungmu ditumbuhi jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang pada tubuhmu.

2. Membiarkan tubuh berkeringat terlalu lama

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungwomenshealthmag.com

Selain jarang mandi, tentu kebiasaan yang satu ini juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di punggung. Seusai melakukan aktivitas berat yang memicu keluarnya keringat, seringkali banyak orang yang malah membiarkan keringat menempel seharian pada tubuh yang dapat memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat di punggung. 

3. Menggunakan produk sabun yang salah

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungskinnyscoop.com

Tanpa kamu sadari, produk sabun mandi yang kamu gunakan juga dapat menjadi penyebab jerawat punggung lho! Produk sabun yang dapat memicu jerawat biasanya memiliki kandungan pelembap yang sangat tinggi hingga dapat menyumbat pori-pori bagi sebagian orang. Buat kamu yang tak cocok dengan produk jenis yang satu ini, sebaiknya pilih sabun dengan kandungan antiseptik yang tinggi.

4. Kurang menjaga kebersihan pakaian

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungfreepik.com

Tak hanya tubuh saja lho yang sangat perlu untuk dijaga kebersihannya, pakaian yang kamu gunakan pun harus diperhatikan ya. Hindari kebiasaan menggunakan pakaian yang sama selama berhari-hari karena hal tersebut tentu dapat memicu bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat punggung.

5. Menggunakan bahan pakaian yang kasar

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungliniacosmeticsurgery.co.uk

Nggak cuman kebersihan pakaian saja, tetapi bahan pakaian yang kamu gunakan pun menjadi salah satu penyebab jerawat punggung yang jarang diketahui. Bahan pakaian yang kasar tentu dapat memicu iritasi pada kulit terutama pemilik kulit sensitif dan nantinya akan dapat membentuk jerawat di punggung. Buat kamu salah satunya, sebaiknya pilih bahan pakaian yang lembut dan nyaman pada kulit.

6. Hormon

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungcosmo.ph

Buat penyebab jerawat di punggung yang satu ini memang sulit sekali untuk diatasi. Karena jika karena hormon, maka jerawat dapat tumbuh begitu saja tanpa bisa dihindari. Ketidakstabilan hormon biasanya terjadi pada saat sedang menstruasi, masa kehamilan, dan saat sedang stres. Umumnya, terjadi pada perempuan, untuk itu sebaiknya rajinlah untuk menjaga kebersihan tubuh agar tidak memperparah keadaan jerawat.

7. Memiliki kebiasaan buruk

Ternyata, Ini Penyebab Jerawat di Punggungglamour.com

Kebiasaan buruk yang dimaksud sebagai salah satu penyebab jerawat di punggung ialah seperti merokok, sering minum alkohol, kualitas tidur yang buruk, dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Jadi, untuk menagatasinya, mulailah dengan mencoba gaya hidup sehat.

Nah, nggak perlu heran kan kalau ternyata kulit punggungmu berjerawat karena seringnya melakukan beberapa hal di atas yang merupakan penyebab jerawat di punggung. Untuk itu, ubahlah setiap kebiasaan yang menyebbakan jerawat punggung agar tubuhmu mulus bebas jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir