Sejak dahulu, buah tomat dikenal dengan manfaatnya dalam mengatasi kulit yang bermasalah. Buah tomat dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah dari dalam dan juga dari luar. Tak hanya dapat dikonsumsi, buah yang satu ini pun sering dijadikan sebagai kandungan utama pada suatu rangkaian perawatan wajah yang dapat kamu gunakan untuk menjaga keindahan kulit wajahmu.

Sebagai opsi lainnya, kamu pun juga dapat menggunakan buah tomat sebagai masker wajah alami lho. Sebelum kamu mencobanya, yuk kenali dahulu manfaat masker tomat untuk kulit wajah yang akan Popbela bagikan di artikel kali ini!

1. Mengatasi jerawat

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuihellomagazine.com

Manfaat masker tomat yang sangat dikenal banyak orang ialah keampuhannya dalam mengatasi berbagai jenis jerawat pada wajah. Kandungan astringen dan antioksidan yang terdapat pada tomat dapat bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Kamu cukup mencampurkan buah tomat yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm yoghurt dan 1 sdm madu, kemudian baurkan pada seluruh wajah, biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan hal tersebut 2 kali seminggu sebagai perawatan mingguan, kamu pun dapat melihat hasilnya.

2. Menyamarkan noda bekas jerawat

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuifabnaturals.com

Selain mengatasi jerawat, manfaat masker tomat lainnya ialah dapat menyamarkan noda bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Setara dengan kandungan air lemon untuk mengatasi noda bekas jerawat, masker tomat dapat kamu gunakan setiap hari hanya diaplikasikan pada bagian noda bekas jerawatnya saja. 

3. Mengeluarkan komedo membandel

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuimedikoe.com

Buat kamu yang memiliki masalah dengan komedo, lakukan perawatan dengan menggunakan masker tomat. Buah tomat yang memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mengangkat komedo sekaligus menutrisi kulit wajah dengan maksimal. Kamu bisa menggosokkan potongan buah tomat pada bagian wajah yang memiliki komedo atau kamu juga bisa mencampurkannya dengan gula sebagai scrub.

4. Mengurangi minyak berlebih

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuilorealparisusa.com

Minyak alami pada wajah dapat menjadi masalah kulit seperti jerawat dan komedo jika produksi minyak terlalu berlebihan. Untuk menghindari masalah kulit tersebut, gunakan masker tomat sebagai perawatan kulitmu. Karena manfaat masker tomat lainnya yang dapat mengontrol produksi minyak sehingga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah. Cukup hancurkan buah tomat dan kemudian baurkan pada seluruh wajah seperti menggunakan masker.

5. Mengecilkan pori-pori

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuidermstore.com

Mengecilkan pori-pori wajah juga merupakan salah satu dari manfaat masker tomat yang diketahui banyak orang. Untuk itu, campurkan buah tomat dengan 1 sdm madu sebagai sleeping mask yang dibiarkan semalaman hingga dibilas pada pagi harinya. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, maka tampilan pori-pori pada wajahmu akan terlihat mengecil.

6. Mencegah penuaan dini

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuimarieclaire.com.au

Kurangnya produksi kolagen pada kulit dapat memberikan dampak penuaan dini seperti kerutan, kulit yang kurang elastis, dan hiperpigmentasi. Jika kamu mengalami beberapa tanda penuaan pada wajah, jangan khawatir ya Bela, karena manfaat masker tomat lainnya ialah dapat mencegah penuaan dini. Sebaiknya gunakan masker tomat sembari memijat lembut kulit wajahmu untuk dapat membantu mengembalikan kulit mudamu kembali.

7. Mencerahkan wajah

Ini Dia 7 Manfaat Masker Tomat yang Wajib Kamu Ketahuihealthandglow.com

Diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi, masker tomat juga dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah secara alami. Tentulah manfaat masker tomat yang satu ini disenangi banyak orang terutama kaum perempuan yang menginginkan kulit cerah impian. Gunakan masker tomat seminggu sekali sebagai perawatan mingguanmu.

Nah, jadi itu dia 7 manfaat masker tomat yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan pada kulitmu sekaligus merawatnya hingga menciptakan tampilan kulit yang bersih dan sehat. Walau begitu, tak semua kulit dapat cocok dengan buah tomat, untuk itulah hentikan pemakaian jika kulitmu memberikan reaksi gatal dan panas usai menggunakan masker tersebut. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Nggak Nyangka, Ini 7 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah