Langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tentunya bagian yang satu ini tak pernah terlupakan kan? Yup, mencuci muka memang sudah menjadi kewajiban sehari-hari agar kulit wajah terbebas dari bakteri dan debu yang menempel. 

Walau begitu, masih banyak orang yang salah saat mencuci muka dan hal tersebut cukup berpengaruh pada kulit wajah. Agar tak salah langkah lagi, sebaiknya kenali dulu beberapa kesalahan saat mencuci muka yang wajib kamu ketahui. Yuk Bela!

1. Memilih produk pencuci muka yang tak sesuai dengan jenis kulit

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukaparenting.firstcry.com

Kesalahan saat mencuci muka yang pertama ialah memilih produk pencuci muka yang tak sesuai dengan jenis kulit. Seringkali orang-orang memilih produk pencuci muka hanya karena tergiur dengan iklan atau dengan kemasannya yang menarik, padahal penting sekali untuk mengenal terlebih dahulu jenis kulit masing-masing agar dapat mencocokkan dengan produk yang tepat.

2. Mencuci muka terlalu sering

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukabirchbox.com

Tak hanya dalam pemilihan produk saja, tetapi mencuci muka terlalu sering juga merupakan kesalahan saat mencuci muka yang sering dilakukan banyak orang. Alih-alih ingin kulit muka bersih, yang ada malah membuat iritasi kulit lho! Sebaiknya, cuci muka secukupnya saja ya.

3. Menggunakan pencuci muka scrub setiap hari

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukabesthealthmag.ca

Menggunakan pencuci muka yang mengandung scrub memang baik untuk mengangkat kulit mati, namun jangan dilakukan setiap hari ya. Kesalahan saat mencuci muka yang satu ini secara tak sadar dilakukan oleh sebagian orang yang berpikir bahwa penggunaan scrub setiap hari dapat terhindar dari masalah kulit, padahal kulitmu bisa menjadi iritasi atau malah menimbulkan luka.

4. Mencuci muka menggunakan air hangat

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukawaterheaterhub.com

Salah satu kesalahan saat mencuci muka lainnya ialah dengan penggunaan air hangat saat hendak mencuci wajah. Hal tersebut dapat membuat pori-porimu menjadi terbuka dan membuat bakteri mudah masuk pada pori-pori.

5. Terlalu keras saat menggosok muka

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukard.com

Nah, kamu juga harus menghindari kesalahan saat mencuci muka yang satu ini ya Bela. Jangan pernah menggosok muka terlalu keras saat sedang mencuci muka, karena selain dapat menimbulkan iritasi, menggosok muka terlalu keras juga dapat merangsang kelenjar minyak.

6. Terlalu cepat membilas muka

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukaracked.com

Biar benar-benar maksimal, hindari salah satu kesalahan saat mencuci muka yang satu ini yaitu terburu-buru mencuci muka sehingga terlalu cepat membilas muka. Padahal, mencuci muka harus dilakukan dengan membutuhkan waktu agar dapat mengangkat kotoran pada muka dengan sempurna.

7. Menggonta ganti produk pencuci muka

Kenali 7 Kesalahan saat Mencuci Mukaprevention.com

Kesalahan saat mencuci muka yang terakhir dan wajib kamu hindari ialah kebiasaan dalam menggonta ganti produk pencuci muka. Karena hal tersebut dapat membuat kulit muka menjadi rusak dan dapat menimbulkan masalah kulit.

Jadi, itu dia 7 kesalahan saat mencuci muka yang wajib kamu ketahui agar perawatan kulitmu menjadi lebih maksimal. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: 5 Pilihan Sabun Pencuci Muka untuk Kulit Berjerawat