Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan kulit yang sesuai dengan jenisnya, terlebih untuk kulit yang bermasalah. Bagi pemiliki kulit berjerawat, tentunya tak boleh sembarang dalam memilih produk perawatan kulit. Tak boleh hanya sekedar tergiur oleh iklan dan testimoni, kamu pun juga harus mempelajari beberapa kandungan pada produk perawatan wajah. 

Biar terhindar dari penggunaan produk perawatan yang salah, tentunya kamu juga harus mengenal beberapa kandungan perawatan wajah yang justru dapat membuat jerawatmu makin parah. Simak terus ya, Bela!

1. Silikon

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahindiamart.com

Sering ditemukan pada produk skincare, silikon memang dipercaya dapat menyamarkan tampilan pori-pori dan kemerahan pada kulit serta dapat menahan produksi minyak sehingga wajah tak mengkilap seharian. Namun, silikon merupakan musuh untuk kulit berjerawat, karena teksturnya yang sangat padat sehingga dapat menutup pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. 

2. Fragrance

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahwhatech.com

Bagi beberapa orang, penting sekali memilih produk skincare yang mengandung parfum karena keharuman dapat membuat pengguna merasa nyaman saat mengaplikasikan skincare. Tetapi, produk skincare yang mengandung parfum dapat memicu iritasi kulit sehingga dapat membuat kulit menjadi gatal, kemerahan, dan memperparah kulit berjerawat.

3. Olive oil

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahorganicfacts.net

Salah satu penyebab utama jerawat ialah produksi minyak wajah yang berlebih. Hal tersebut tentunya membuat si pemilik kulit berjerawat wajib menghindari kandungan yang mengandung minyak salah satunya ialah olive oil. Kandungan yang satu ini dapat memicu penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

4. Alkohol

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahthoselondonchicks.com

Walaupun tampaknya kandungan yang satu ini baik untuk mengeringkan jerawat, namun kamu perlu berhati-hati saat menggunakan produk skincare yang mengandung alkohol. Karena alkohol dapat membuat kulitmu menjadi dehidrasi sehingga merangsang kelenjar minyak dalam memproduksi minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab utama kulit yang berjerawat.

5. Lanolin

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahlegendscreekfarm.com

Kandungan bahan yang berasal dari lemak kambing ini memang sangat baik untuk kulit kering dan normal, namun dapat menjadi masalah besar jika digunakan oleh kulit berminyak maupun kulit berjerawat. Kandungan lanolin dapat menyumbat pori-pori serta memicu produksi kelenjar minyak.

6. Shea butter

Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parahhealthline.com

Shea butter memang dikenal sebagai kandungan bahan yang sangat baik dalam melembapkan kulit wajah serta membuat kulit terasa lebih kenyal. Namun, bukan berarti shea butter cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Terlebih untuk kulit berjerawat, kandungan bahan yang satu ini sebaiknya dihindari ya! Karena shea butter dapat memicu tumbuhnya jerawat dan membuat tampilan kulit wajah menjadi berminyak.

Jadi, agar nggak salah memilih produk skincare, kamu juga harus lebih memperhatikan kandungan pada produk yang hendak kamu beli. Jika suatu produk skincare yang mengandung salah satu kandungan bahan yang sudah Popbela jelaskan, sebaiknya tak usah mencobanya ya!

Baca Juga: Ini Dia Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat