Umumnya jerawat memang disebabkan oleh berbagai faktor, dari mulai faktor makanan, gen, hormon, hingga kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Selain penyebab jerawat, jenis jerawat pun terbagi menjadi beberapa bagian seperti jerawat hormon, pustula, papule, cystic, dan jerawat batu. Walaupun kehadiran jerawat sangatlah mengganggu, namun tak selamanya masalah kulit yang satu ini merupakan hal yang negatif karena kehadiran jerawat terbagi dua yaitu bisa dikarenakan purging atau breakout

Untuk tahu cara menanganinya, tentu kamu harus kamu ketahui bedanya purging dan breakout yang akan Popbela bahas di artikel kali ini. Keep scrolling, Bela!

Apa itu purging?

Inilah Bedanya Purging dan Breakoutmarieantoinettefirenze.com

Hal pertama untuk mengetahui bedanya purging dan breakout ialah dengan mengetahui arti purging yang biasanya kerap terjadi dengan penggunaan produk skincare tertentu. Purging diambil dari kata purge yang artinya pembersihan. Jadi purging yang dimaksud dalam istilah kecantikan ini merupakan fase pembersihan kulit wajah dari berbagai racun, kotoran, pori-pori yang tersumbat dalam bentuk jerawat. 

Selain itu, lama waktu tumbuhnya jerawat pun bisa membuat kita mengetahui bedanya purging dan breakout. Jerawat purging tidak akan selamanya bertahan pada kulitmu, biasanya jerawat purging terjadi dalam waktu 2 hingga 4 minggu saja. Setelah jerawat purging menghilang, kulitmu tentu menjadi lebih mulus dari kulit sebelumnya. Purging pun terjadi dikarenakan oleh penggunaan produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif seperti AHA, BHA, atau retinoid.

Apa itu breakout?

Inilah Bedanya Purging dan Breakoutdermstore.com

Setelah kita mengetahui beberapa hal mengenai purging, tentunya untuk lebih mengetahui bedanya purging dan breakout, kita juga harus mengenal apa itu jerawat yang disebabkan karena breakout. Kalau jerawat purging disebabkan karena bekerjanya bahan aktif pada kulit untuk mengeluarkan berbagai racun maupun sebum yang tersumbat, beda hal dengan breakout. Biasanya, breakout merupakan tanda ketidakcocokan kulit akan produk skincare yang sedang digunakan. 

Bedanya purging dan breakout juga dilihat dari jenis jerawat yang tumbuh. Kalau jerawat purging itu hanya bertahan 2 hingga 4 minggu tanpa rasa perih, jerawat akibat breakout merupakan jerawat yang meradang dan bisa semakin bertambah banyak dalam jangka waktu yang cukup lama jika tidak menghentikan pemakaian produk.

Bagaimana cara mengatasi purging dan breakout?

Inilah Bedanya Purging dan Breakoutempire.edu

Setelah mengetahui bedanya purging dan breakout, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatasi keduanya. Jika kamu mengalami jerawat purging, sebaiknya tak usah panik dan tetap melanjutkan pemakaian produk skincare-mu. Cukup sabar untuk menunggu hasilnya. Kamu juga bisa mengurangi penggunaan produk agar kulitmu tidak terlalu kaget. 

Bedanya purging dan breakout juga terletak pada cara menanganinya, kalau jerawat purging ditangani dengan cara mengurangi porsi penggunaan produk, kalau jerawat breakout dapat diatasi dengan menghentikan penggunaan produk dan langsung konsultasikan dengan dokter kulit.

Nah, itulah bedanya purging dan breakout Bella. Kamu sudah tak perlu bingung lagi saat membedakan purging dan breakout juga dapat mengerti bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikelnya bermanfaat ya!

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Jerawat Batu