Kerap dialami oleh banyak orang, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menyebalkan karena kehadirannya yang sangat mengganggu penampilan. Jerawat pun memiliki berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya, salah satu jenisnya ialah jerawat batu. Jenis jerawat yang satu ini sering dikatakan jenis jerawat yang cukup parah dan butuh penanganan ekstra. 

Namun, kira-kira seperti apa sih ciri-ciri jerawat batu tersebut? Yuk baca terus artikelnya sampai habis!

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Ciri-ciri jerawat batu yang dapat kamu lihat pertama kali ialah ukurannya yang lebih besar jika dibandingan dengan ukuran jerawat pada umumnya dan biasanya jerawat batu cukup terlihat sehingga dapat menjadi pusat perhatian.

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Selain ukurannya, kamu juga dapat melihat ciri-ciri jerawat batu dari teksturnya. Nama jerawat batu sendiri berasal dari ciri teksturnya yang keras seperti batu dan butuh waktu yang cukup lama untuk pecah dengan sendirinya.

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Rasa nyeri yang ditimbulkan dari jerawat batu sangat mengganggu, hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri jerawat batu yang kerap kali terjadi. Biasanya rasa nyeri tersebut berasal dari peradangan yang diakibatkan oleh bakteri.

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Ciri-ciri jerawat batu yang harus diwaspadai adalah ketika jerawat sudah menyebar sehinggu timbul banyak jerawat di area wajah. Tetapi tentunya hal tersebut dapat terjadi jika kamu memencet jerawat pada kulit wajahmu. Sebaiknya hindari menyentuh kulit wajahmu saat sedang berjerawat ya!

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Jerawat batu yang memiliki bentuk yang besar dan tekstur yang keras tersebut memiliki isi di dalamnya yaitu nanah. Nanah tersebut berasal dari campuran sebum berlebih, bakteri, dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Ciri-ciri jerawat batu yang satu ini cukup berbahaya lho! Pasalnya, cairan nanah yang keluar dari kulitmu cukup berbahaya untuk kesehatan kulitmu.

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Ciri-ciri jerawat batu lainnya ialah dapat dilihat dari waktu sembuhnya. Kalau jerawat pada umumnya membutuhkan beberapa hari untuk dapat pulih, berbeda dengan jenis jerawat yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat benar-benar pulih.

7 Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Wajib Kamu Tahu

Ciri-ciri jerawat batu yang terakhir ialah dapat dilihat dari bekas yang diitnggalkan saat sudah mulai mengempis. Biasanya jerawat batu meninggalkan bekas jerawat seperti noda kehitaman atau bekas bopeng.

Itu dia ketujuh ciri-ciri jerawat batu yang dapat terjadi pada setiap kulit wajah seseorang. Kalau ciri-ciri di atas terdapat pada dirimu, bisa dipastikan bahwa kamu sedang ditumbuhi jerawat batu dan tentunya harus segera diatasi agar tak merusak kulit wajahmu. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Ini Dia Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat