Siapa sih yang risih dengan tampilan kulit wajah yang kusam? Yakinlah, setiap perempuan pasti merasakan hal yang sama saat bermasalah dengan kulit wajah yang kusam. Disebabkan oleh berbagai faktor seperti seringnya terpapar polusi udara, sinar matahari, serta kurang peduli dengan perawatan wajah. Kulit wajah yang kusam pun seringkali membuat seseorang menjadi kurang pede. 

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi kulit kusam yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengembalikan tampilan kulit wajahmu kembali. Apa saja itu? Simak terus sampai habis!

1. Rutin melakukan eksfoliasi

Penting sekali bagi pemilik kulit kusam untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati atau yang biasa dikenal dengan nama eksfoliasi. Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab terjadinya tampilan kulit yang kusam. Jadi, cara mengatasi kulit kusam yang satu ini menggunakan produk scrub yang halus untuk menghindari iritasi ringan pada kulit.

2. Melakukan perawatan dengan masker wajah

Tak cukup hanya menggunakan scrub, cara mengatasi kulit kusam selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan rutin melakukan perawatan kulit mingguan yaitu menggunakan masker dengan jenis clay mask atau sheet mask yang teruji dapat mencerahkan wajah dengan instan.

Mudah Banget, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Kusamnewbeauty.com

3. Memilih pencuci wajah dengan kandungan pemutih

Penting juga lho untuk memperhatikan cara mengatasi kulit kusam yang satu ini. Bagian mencari sabun wajah yang tepat untuk kulit kusam ialah yang mengandung pemutih alami serta berbagai kandungan lainnya yang dapat mencerahkan kulit yang kusam.

4. Hidrasi kulit menggunakan moisturizer

Kerap disebut sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam, penggunaan moisturizer memang sudah tak diragukan lagi. Tak sekedar dapat melembapkan kulit wajah, moisturizer juga dapat mencerahkan kulit seketika dan jika menggunakan moisturizer dengan kandungan yang dapat mencerahkan, perlahan kulitmu akan kembali.

Mudah Banget, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit KusamTop10besttips.com

5. Rajin mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi

Selain cara mengatasi kulit kusam dari luar, tentunya pun harus diseimbangi beberapa cara dari dalam yaitu salah satunya ialah mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit serta yang memiliki pemutih alami yang dapat membantu kulit menjadi lebih cerah.

6. Banyak minum air putih

Biar kulit terhidrasi dengan sangat baik dan menjadi tidak kusam, tentu saja menggunakan moisturizer tidaklah cukup. Penting juga untuk memperhatikan asupan cairan pada tubuhmu yaitu dengan perbanyak minum air putih. Cara mengatasi kulit kusam yang satu ini merupakan salah satu cara paling sederhana yang ampuh lho!

Mudah Banget, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Kusamtodayindians.com

7. Perhatikan waktu tidur

Tak dapat dipungkiri, bahwa waktu tidur pun sangat mempengaruhi tampilan kulit. Buat kamu yang sering begadang, sebaiknya kurangi hal yang satu ini karena dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan kurang bercahaya. Sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam, jangan lupa untuk membangun kembali waktu tidur yang berkualitas.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi kulit kusam yang cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari. Maka itu penting banget untuk memperhatikan setiap kebiasaan yang kita lakukan untuk membantu cara mengatasi kulit kusam lebih maksimal.

Baca Juga: Bikin Wajah Makin Lembap dengan 7 Serum untuk Kulit Kering Ini