Jika diperhatikan dengan teliti, siku dan lutut bisa jadi bagian yang paling gelap di antara bagian tubuh lainnya. Walaupun hal tersebut dikatakan cukup normal karena dialami hampir seluruh orang, namun tetap saja siku dan lutut yang gelap sangat mengganggu penampilan. Tak perlu khawatir, karena siku dan lutut yang gelap dapat diatasi lho!

Dengan menggunakan cara ampuh yang aman, Popbela akan membagikan cara mencerahkan siku dan lutut dengan bahan alami yang tentu bisa kamu praktekkan langsung di rumah. Ikuti terus artikelnya sampai habis ya!

1. Lemon

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!healthline.com

Bahan pertama yang sering kali digunakan sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan siku dan lutut adalah lemon. Vitamin C yang terkandung pada lemon dapat bekerja sebagai agen pemutih alami sekaligus mengangkat sel kulit mati. Lakukan dengan menggosok potongan lemon pada siku dan lututmu selama 15 menit, jika kamu melakukannya secara rutin maka kamu pun dapat melihat perubahan pada siku dan lututmu.

2. Minyak kelapa

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!ubudbotany.com

Vitamin E yang terkandung di dalam minyak kelapa memang ampuh dalam memberikan kelembapan sekaligus dapat digunakan untuk mencerahkan siku dan lutut. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada siku dan lututmu secara rutin sehabis mandi.

3. Pepaya

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!draxe.com

Ternyata, pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan siku dan lutut lho! Diperkaya dengan enzim papain dan vitamin E yang terbaik dalam menutrisi kulit sehingga tampak lebih cerah. Cara menggunakannya, cukup hancurkan potongan buah pepaya kemudian baurkan pada bagian siku dan lutut selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Kunyit

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!webmd.com

Dilengkapi dengan agen pemutih alami, kunyit sering digunakan sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan siku dan lutut secara ampuh. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan susu murni hingga berbentuk pasta yang kemudian dioleskan pada bagian siku dan lutut sebagai masker rutin yang dapat kamu gunakan 2 kali seminggu secara rutin.

5. Baking soda

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!healthline.com

Sering digunakan sebagai bahan untuk mengatasi hiperpigmentasi, baking soda juga dapat digunakan sebagai mencerahkan siku dan lutut. Cukup mudah, kamu hanya tinggal mencampur 1 sdm baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang dapat kamu oleskan pada bagian siku dan lutut, tunggu selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

6. Yoghurt

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!medicalnewstoday.com

Sering digunakan sebagai bahan pencerah, kandungan lactic acid pada yoghurt dapat mencerahkan siku dan lutut. Untuk itu, oleskan yoghurt pada siku dan lututmu, kemudian gosokkan dengan lembut, biarkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Lidah buaya

Bermasalah dengan Siku dan Lutut yang Hitam? Coba Tips Ini Yuk!odysseedubienetre.be

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untukmencerahkan siku dan lutut adalah lidah buaya. Tak hanya bekerja untuk melembapkan saja, lidah buaya juga dipercaya sebagai bahan alami yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit menjadi cerah.

Nah, itu dia beberapa pilihan bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mencerahkan siku dan lutut. Pilih bahan alami favoritmu ya Bela. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ini Cara Ampuh Mencerahkan Ketiak dengan Lemon