Tumpukan lemak berlebih di beberapa area tubuh seperti paha, perut, dan bokong membuat kulit bergelombang dan mengerut. Umumnya kondisi ini disebut selulit. Tampak garis-garis halus berwarna putih pada permukaan kulit. Permasalahan kulit yang satu ini membuat perempuan merasa kurang percaya diri.  

Selulit disebabkan adanya sel lemak yang berada diantara jaringan fibrosis. Sehingga limfe kulit mengalami gangguan dan menimbulkan garis atau gelombang yang tak beraturan pada permukaan kulit. Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya selulit, di antaranya usia, hormon estrogen, genetika, peradangan jaringan, hilangnya kolagen, penipisan epidermis dan masih banyak lainnya.  

Tapi tenang Bela, kamu bisa kok menghilangkan selulit dan mengembalikan keindahan kulitmu. Keep scrolling. 

1. Pijatan lembut di area selulit

5 Tips Menghilangkan Selulit Agar Kulit Tampak Mulus Freepik.com

Melakukan pijatan lembut di beberapa bagian yang mengalami selulit rupanya bisa jadi solusi. Kamu bisa melakukannya secara mandiri tanpa perlu terapis andal untuk memijatnya. Ketika dipijat, selulit perlahan akan meregangkan jaringan kulit.  

Kamu juga bisa menambahkan krim untuk memudahkan saat proses pemijatan. Tapi perlu diketahui, pijatan di area selulit tidak bisa mendapatkan hasil yang instan. Butuh pijatan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

2. Masker dengan body scrub kopi

5 Tips Menghilangkan Selulit Agar Kulit Tampak Mulus Freepik.com

Kandungan kafein pada kopi ampuh mencegah akumulasi lemak pada jaringan sel. Sehingga pembuluh dapat membatasi gelombang pada selulit. Masker dengan body scrub kopi juga dipercaya mampu merangsang sirkulasi darah serta mengencangkan kembali kulit yang mengendur. Kamu bisa membeli body scrub secara instan atau membuatnya sendiri di rumah.  

Siapkan 3 sendok kopi bubuk, 50 gram gula merah, 2 sdm minyak zaitun. Campurkan semua bahan hingga seperti pasta. Balurkan ke area selulit kulit, gosok perlahan kemudian diamkan selama 10 menit. Bilas sampai bersih, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.  

3. Makanan yang mengandung omega 3

5 Tips Menghilangkan Selulit Agar Kulit Tampak Mulus pexels.com/pixabay

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3. Perubahan pola makan sehat ini dapat membantu kamu dalam mengurangi selulit di kulit. Bahan makanan yang menyediakan omega 3 tinggi diantaranya, salmon, telur dan minyak hati ikan kod.  

4. Minum minyak kelapa

5 Tips Menghilangkan Selulit Agar Kulit Tampak Mulus Freepik.com

Tak hanya dari luar, kamu juga bisa menghilangkan selulit dari dalam. Kandungan yang terdapat dalam minyak kelapa menjadikan kulit lentur, lembut dan halus. Minyak kelapa juga merangsang pembentukan kolagen yang dapat menyamarkan selulit.  

Kamu bisa minum minyak kelapa 1-2 sendok per hari, kemudian imbangi dengan olahraga secara rutin. Jangan lupa perbanyak mengonsumsi air putih untuk memastikan kebutuhan cairan dalam tubuh. 

5. Menggosok dengan garam laut

5 Tips Menghilangkan Selulit Agar Kulit Tampak Mulus Healthyway.com

Cara alami yang bisa menghilangkan selulit yakni memanfaatkan garam laut. Kandungan mineral yang tinggi pada garum laut membuat peregangan pada kulit selulit jadi berkurang. Kamu bisa mencampurkannya di air hangat pada bathtub, kemudian rendam selama 10-15 menit. Bilas sampai bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.  

Ternyata mudah sekali ya untuk menghilangkan selulit dengan bahan alami. Selamat mencoba, Bela.  

Baca Juga: Jangan Terkecoh, 5 Hal Soal Selulit Ini Ternyata Cuma Mitos!