Memasuki bulan kedelapan, pandemi COVID-19 masih belum mereda. Ada begitu banyak perubahan aktivitas dan kebiasaan dalam keseharian kita termasuk dalam berpenampilan. Demi mematuhi anjuran protokol kesehatan, kita diharapkan bisa disiplin untuk menggunakan atribut pelindung yang bisa menghindari diri dari paparan virus tersebut.  

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara di dunia seperti Korea Selatan juga turut melakukan hal yang sama. Uniknya, selama pandemi virus corona, Korea Selatan justru menghadirkan sejumlah tren kecantikan baru yang sesuai dengan tatanan gaya hidup di era new normal. Mulai dari makeup, skincare sampai hair care. Biar makin nggak penasaran kita cari tahu yuk, ada tren kecantikan apa saja sih di Korea Selatan selama pandemi ini? 

1. Diwajibkan pakai masker, beauty enthusiast Korea Selatan pilih produk berlabel sebum control

5 Tren Kecantikan di Korea Selatan Saat Pandemi Covid-19refinery29.com

Kewajiban menggunakan masker di masa pandemi virus corona, membuat kondisi kulit tertutup dalam waktu yang cukup lama. Hal ini membuat, sebum atau minyak pada wajah mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, perempuan Korea Selatan memilih sejumlah skincare atau produk makeup yang mengandung sebum control. Misalnya loose powder, toner sampai moisturizer.  

2. Hindari jerawat dengan memilih skincare bersifat soothing atau menenangkan

5 Tren Kecantikan di Korea Selatan Saat Pandemi Covid-19Freepik

Kebiasaan memakai masker memang memaksa kulit untuk beradaptasi. Tak hanya penumpukkan minyak, permasalahan jerawat juga menjadi ancaman di masa pandemi virus corona. Oleh sebab itu, memilih produk skincare yang mengandung cica, aloe vera, rose dan white truffle sangat tepat. Karena semua bahan-bahan tersebut mampu menenangkan kulit sekaligus menghindari iritasi kulit penyebab jerawat. 

3. Makeup minimalis dengan menghindari penggunaan foundation

5 Tren Kecantikan di Korea Selatan Saat Pandemi Covid-19kdramapal.com

Penggunaan foundation di masa pandemi virus corona sepertinya bukan ide yang bagus. Karena pemakaian foundation dan masker di waktu yang bersamaan akan membebani kulit. Kondisi lembap dan minim udara membuat kulit mudah mengalami jerawat akibat peningkatan kelenjar keringat dan sebum. Sebagai gantinya, perempuan Korea Selatan menggunakan complexion atau tone up-cream untuk menciptakan makeup flawless.  

4. Menangkal radikal bebas dengan perlindungan khusus

5 Tren Kecantikan di Korea Selatan Saat Pandemi Covid-19Instagram/somin_jj

Demi meminimalisir dampak buruk dari penggunaan masker. Perempuan Korea Selatan memilih untuk melakukan skin barrier. Skin barrier merupakan sebuah upaya untuk memberikan lapisan pelindung atau pertahanan pada kulit dari serangan radikal bebas. Caranya dengan memastikan pH kulit dalam kondisi seimbang dengan menggunakan produk antioksidan. Seperti, ceramide dan centella asiatica. 

5. Perawatan rambut sederhana di rumah

5 Tren Kecantikan di Korea Selatan Saat Pandemi Covid-19instagram.com/skukukzky

Pembatasan aktivitas di ruang publik membuat masyarakat di Korea Selatan tidak bisa berkunjung ke salon untuk melakukan perawatan. Berbekal keahlian dan informasi yang minim, mereka mencoba untuk merawat rambutnya sendiri di rumah. Mulai dari masker, creambath sampai scalp treatment, yakni perawatan kulit kepala dengan hair essence dan serum.  

Dari sekian banyak tren kecantikan yang berkembang di Korea Selatan tersebut selama pandemi, manakah yang sudah pernah kamu lakukan? 

Baca Juga: Skin Botox, Tren Kecantikan yang Sedang di Populer di Korea Selatan