Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya, sebenarnya produk mana yang harus dipakai lebih dulu? Serum dulu atau emulsion dulu? Well, dari pada kamu sibuk bertanya-tanya lebih baik simak penjelasan berikut ya.

Serum atau Emulsion, Mana yang Harus Dipakai Lebih Dulu?

Serum merupakan skin care berkonstrasi tinggi yang diformulasikan untuk menangani masalah pada wajah secara spesifik. Misalnya serum tea trea untuk perawatan wajah berjerawat, serum vitamin C untuk mencerahkan wajah, atau serum dari snail extract untuk memperbaiki struktur kulit.

Sedangkan Emulsion adalah light moisturizer. Teksturnya ringan, umunya berwarna putih seperti susu, dan berfungsi untuk melembapkan kulit. Karena teksturnya yang ringan, emulsion ini cocok digunakan untuk kulit yang berminyak atau kombinasi. Pada beberapa brand, istilah emulsion ini diganti dengan sebutan lotion. Jadi perhatikan juga brand yang kamu gunakan ya. 

Serum atau Emulsion, Mana yang Harus Dipakai Lebih Dulu?

Setelah membersihkan wajah dengan sabun, oleskan toner untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka. Kemudian aplikasikan serum, baru diikuti dengan emulsion. Jangan sampai terbalik ya, Bela. Serum diaplikasikan lebih dulu karena konsentrasinya yang tinggi dan bekerja lebih berat untuk wajah. Selain itu, serum juga diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik. Karena efek dari serum ini bisa membuat kulit menjadi kering, maka dibutuhkan emulsion setelahnya, agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Nah, sudah nggak bingung lagi kan ya? Pastikan untuk menggunakan serum dan emulsionmu dengan tepat.

BACA JUGA: 5 Bahan Alami ini Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasi Masalah Skin Tags pada Kulit