Bicara mengenai masalah kulit pada wajah, komedo adalah yang paling sering ditemukan. Bintik-bintik yang mengganggu ini biasanya muncul di sekitar dagu dan hidung. Komedo sendiri merupakan jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Komedo sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu komedo terbuka yang berwarna hitam dan komedo tertutup yang berwarna putih.

Ini Bedanya Komedo Hitam dan Putih serta Cara untuk Mengatasinyapinterest.com

Komedo putih atau whiteheads terletak di dalam kulit hingga tak mengalami oksidasi dengan udara. Komedo putih ini mudah sekali kita temukan, seperti dengan menekan pori-pori wajah dan dia akan muncul di permukaan. cara mengatasi komedo putih ini lebih mudah yaitu cukup dengan melakukan facial di salon atau melakukannya sendiri di rumah. Jika kamu ingin membersihkannya di rumah, pastikan saja alat yang kamu gunakan terjaga kebersihannya agar tidak menimbulkan infeksi atau justru memperparah kondisi kulitmu.

Ini Bedanya Komedo Hitam dan Putih serta Cara untuk Mengatasinyapinterest.com

Komedo hitam disebut juga dengan blackhead. Warnanya hitam karena mengandung unsur melanin, pigmen yang berpengaruh pada warna rambut, kulit, dan mata. Blackhead ini letaknya di permukaan kulit, sehingga mengalami oksidasi langsung dengan udara yang menyebabkan warnanya menghitam. Cara mengatasi komedo hitam yaitu pilihlah pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dengan sempurna. Lalu ikuti dengan penggunaan masker clay 1-2 kali dalam seminggu untuk mengangkat komedo dan mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

Sekarang sudah paham kan, Bela? Meski sama-sama komedo, namun berbeda jenisnya berbeda juga penanganannya.

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini untuk Menghilangkan Noda Hitam di Wajah​