Pola hidup sehat tengah digandrungi, nih. Nggak hanya orang dewasa aja, kini pola hidup yang lebih sehat juga dijalankan oleh anak muda. Salah satunya adalah plant-based lifestyle. Yups, plant-based merupakan pola makan yang mayoritas mengonsumsi sumber nabati dan sedikit sumber hewani.

Nah, untuk itu Base, sebuah brand kecantikan dan wellness direct-to-consumer (DTC) kembali menggelar diskusi virtual bersama komunitasnya dalam acara BASE Talk edisi ke-3, yang mengangkat tema “Plant-Powered Day”.

Base dikenal sebagai skincare brand yang berkomitmen untuk membuat setiap individu merasa lebih nyaman dan mencintai diri mereka sendiri tanpa perlu mengubah definisi kecantikan yang sudah distandarisasi oleh lingkungan. Bersama Base, menjadi cantik adalah tentang kebahagiaan dan kenyamanan pada diri sendiri. 

Yuk, Hidup Lebih Sehat Melalui Plant Based Bersama Base!instagram.com/itsmybase

Melalui BASE Talk tersebut, Base berinisiatif untuk mengajak generasi muda agar dapat menjalankan gaya hidup lebih sehat yang tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik namun juga kesehatan lingkungan. Diskusi tersebut menghadirkan para pembicara:

1. Annabella, sebagai Vegan Advocate dan Cruelty-Free Beauty Enthusiast, yang aktif
menyuarakan gerakan positif gaya hidup vegan/plant-based melalui platform media sosialnya. Di Base Talk kali ini, Ia berbagi pandangannya mengenai gaya hidup plant-
based, tips & trik hingga pengalamannya dalam menerapkan gaya hidup tersebut yang dikemas dalam sesi “Plant-based Lifestyle and Best Practices Amongst GEN Z.”

2. Selanjutnya, Max Mandias, selaku Co-Founder & Chief Innovation Officer dari Burgreens
dan Green Rebel dalam sesi “Science Behind Plant-Powered Nutrition, the Better for Our
Health and Planet.” Max berbagi pandangannya mengenai perkembangan gaya hidup
vegan di Indonesia dan mitos seputar dunia vegan.

3. Dan terakhir yaitu, Ratih Permata Sari, selaku Co-founder/CPO dari BASE, ahli di bidang
Biochemist, pada sesi “Benefit of Vegan and Organic Skincare” berfokus pada bagaimana
industri kecantikan mengadaptasi gaya hidup vegan/plant-based ini dengan pendekatan
science ramah lingkungan seperti pemilihan bahan-bahan dasar natural dan vegan,
dilanjutkan dengan proses di balik layar BASE sebagai perusahaan kosmetik yang
mendukung gerakan vegan/plant-based.

Yuk, Hidup Lebih Sehat Melalui Plant Based Bersama Base!

Pada bulan Oktober ini, menjadi lebih spesial bagi BASE yang selalu aktif dalam berkampanye untuk memperingati Breast Cancer Awareness dan Mental Health Awareness Month. Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan. Berbagai gerakan hidup sehat banyak bermunculan dan semakin banyak diadopsi oleh masyarakat, termasuk salah satunya adalah gaya hidup vegan/plant-based yang merujuk pada menghindari konsumsi produk-produk mengandung unsur hewani (animal testing).

Seperti diungkapkan oleh Anabella mengenai prosesnya dalam menerapkan gaya hidup
vegan/plant-based, “Saya menjalani proses yang bertahap dan tidak bisa dilakukan secara instan (overnight). Pada praktiknya saya juga mengalami transisi kebiasaan baru, misalnya menjadi lebih sering ke kamar mandi ketika baru awal-awal menjalani gaya hidup vegan ini.”

Yuk, Hidup Lebih Sehat Melalui Plant Based Bersama Base!instagram.com/itsmybase

Max Mandias juga berpendapat bahwa, “Penting sekali untuk melakukan research sebelum
menerapkan gaya hidup plant-based dalam sehari-hari, starts small dan membutuhkan proses transisi tersendiri. Riset dapat dimulai dari latar belakang personal kenapa ingin menjalani gaya hidup vegan/plant-based ini.”

Dengan berkembangnya gaya hidup vegan/plant-based tentunya berpengaruh terhadap pola
konsumen khususnya dalam dunia kecantikan seperti yang dibahas oleh Ratih Permata Sari,
"Konsumen saat ini sudah lebih pintar dalam memilih apa yang mereka konsumsi (conscious consumerism), selain memilih produk yang bermanfaat untuk mereka namun juga terhadap lingkungan. 

Yuk, Hidup Lebih Sehat Melalui Plant Based Bersama Base!instagram.com/itsmybase

Melihat situasi ini, BASE pun mengadopsi gaya hidup plant-based ke dalam industri
kecantikan melalui edukasi terhadap konsumen mengenai pentingnya gaya hidup plant-based dan dampak positif apa yang konsumen dapatkan."

Melalui BASE Talk tersebut, Base ingin mengajak audiens untuk lebih menyadari perihal apa yang dikonsumsi, karena apa yang dikonsumsi bukan hanya memberikan impact terhadap kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Selain itu, gaya hidup sehari-hari, termasuk gaya hidup vegan, bukan hanya memberikan dampak terhadap kehidupan manusia, tetapi juga lingkungan.

Wow, tubuh lebih sehat dan kulit makin glowing dengan gaya hidup plant-based. Ada yang udah pernah cobain, Bela? 

Baca Juga: Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan Lezat

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: 10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui!