Jika mendengar penuaan kulit, merupakan sebuah permasalahan kulit yang paling ditakuti oleh semua perempuan. Jangan sampai, ketika usia yang masih terbilang muda, kulit kamu justru memperlihatkan tanda-tanda penuaan dini. Demi penampilan yang selalu paripurna, sudah sepantasnya kamu merawat kulit dimulai dari sekarang. 

Mulai dari konsumsi makanan sehat, rutin olahraga, penuhi nutrisi tubuh, serta tidak lupa minum air putih. Tidak hanya dari dalam, penuaan pada kulit dapat diperlambat dengan melakukan perawatan yang tepat untuk kulit kamu. Dan, ternyata ada lima fakta menarik mengenai penuaan pada kulit yang wajib kamu ketahui. Penasaran apa saja? Yuk silahkan disimak ya, Bela! 

1. Skincare anti-aging tidak hanya untuk lanjut usia

Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulitclassy.am

Sampai saat ini masih banyak perempuan yang masih tidak aware dengan penuaan pada kulit. Selalu merasa bahwa penuaan terjadi ketika menginjak usia 30 tahun. Padahal, penuaan kulit dapat terjadi secepat mungkin ketika kamu tidak menjaga kesehatan kulit sejak dini. 

Dengan rutin menggunakan produk seperti sunscreen dan serum vitamin C merupakan produk anti-aging yang bisa kamu gunakan mulai saat ini. Jadi, jangan tunggu sampai keriput menghampiri kamu ya, Bela!

2. Penuaan tidak dapat dicegah, tetapi bisa diperlambat

Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulitthesun.co.uk

Banyak perempuan yang melakukan berbagai macam perawatan agar kulit tidak kendur, keriput, dan menghindari terjadinya flek hitam. Tetapi nyatanya, penuaan kulit tentu saja akan terjadi. Yang bisa dilakukan adalah memperlambat terjadinya penuaan kulit. Mulai dari perawatan, konsumsi makanan yang sehat, hidup lebih seimbang. Yuk, sayangi kulit kamu! 

3. Penuaan kulit orang Asia lebih lambat dengan orang Eropa

Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulitbyrdie.com

Menurut penuturan Dr. Abraham Arimuko, SpKK,MARS,FINSDV,FAADV, Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (Perdoski) dalam sebuah kesempatan, kulit orang Asia akan mengalami penuaan yang lebih lambat dibandingkan dengan orang Eropa.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut. Seperti lapisan kulit orang Asia cenderung lebih tebal. Hal ini membuat kulit lebih kebal terhadap polusi yang merupakan salah satu penyebab penuaan. Oleh karena itu, akan memperlambat munculnya kerutan.

4. Pigmen kulit memengaruhi penuaan kulit

Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulitoprahmag.com

Fakta mengejutkan tentang penuaan kulit,  bahwa kulit yang kaya akan pigmen dapat menangkal sinar UV yang memiliki resiko untuk merusak kulit. Sehingga, kamu yang memiliki kulit cenderung gelap akan lebih tahan ketika terpapar sinar matahari. Sehingga, ketika tahan dengan sinar matahari, maka penuaan kulit akan lebih lambat menghampiri. 

5. Melembapkan, mencegah sinar matahari, anti-oksidan ini skincare yang harus kamu cari sebagai anti-aging

Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulitskincare.com

Selain menjaga dari dalam, menggunakan skincare yang tepat juga dapat mencegah terjadinya penuaan kulit. Untuk itu, kamu harus mencari skincare yang dapat melembapkan, menangkal sinar matahari dan memiliki anti-oksidan yang tinggi. Mulailah dari mencari produk yang mengandung hylaronic-acid, retinol, dan glycolic acid.

Itu dia lima fakta menarik mengenai penuaan kulit. Yuk jaga kesehatan dan kekencangan kulit kamu mulai hari ini! 

Baca Juga: Dari Sophia Latjuba Hingga Cut Tari, Ini Deretan Seleb yang Awet Muda