Untuk kamu yang ingin memiliki kulit indah, tentu saja tidak bisa didapatkan jika hanya melakukan perawatan dari luar saja. Kadang, kamu lupa bahwa perawatan dari dalam akan membantu kulit kamu menjadi lebih halus dan sehat. 

Untuk itu, makanan yang kamu konsumsi harus seimbang dan mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin. Dan ini dia tujuh vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit! 

1. Vitamin E

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!healthifyme.com

Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal bahaya dari sinar ultraviolet dan paparan radikal bebas. Selain itu, vitamin E dapat melembabpkan kulit, menjaga kulit agar tetap lembut dan halus, menghilangkan bekas luka, mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari, serta mengatasi iritasi kulit. Kamu akan memperoleh kandungan vitamin E pada kacang-kacangan atau biji-bijian, seperti kacang hijau, kacang polong, minyak zaitun, dan gandum. 

2. Vitamin C

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!webmd.com

Vitamin C adalah nutrisi paling utama yang baik untuk kulit. Pasalnya, vitamin C dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet. Vitamin C sendiri dapat menangkal radikal bebas, menghaluskan, meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa mencegah penuaan dini, membantu menyamarkan noda hitam di kulit, dan mencerahkan. Vitamin satu ini terdapat di buah-buahan seperti apel, jeruk, kiwi, dan pisang. 

3. Vitamin B Kompleks

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!hsph.harvard.edu

Di dalam vitamin B kompleks, terdapat kandungan biotin yang menjadi dasar pembentuk sel kulit, kuku, dan sel rambut. Kandungan ini dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih sehat dan lembap. Vitamin B kompleks juga menjadi sifat anti-inflamasi serta membuat warna kulit tampak merata dan glowing.

4. Vitamin A

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!holistickenko.com

Walaupun vitamin A dikenal untuk menjaga kesehatan mata, namun sebenarnya dapat memberikan nutrisi untuk kulit kering. Vitamin ini dapat membantu memelihara dan memperbaiki jaringan kulit, menghaluskan, mencerahkan kulit, mengendalikan jerawat, dan menyamarkan garis-garis halus yang merupakan efek penuaan dini. 

Bila kulit kekurangan vitamin A akan memberikan efek kulit yang pecah-pecah atau bersisik. Untuk mendapatkan vitamin ini, kamu dapat mengonsumsi makanan seperti paprika, sayuran hijau, dan wortel.

5. Vitamin D

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!healtheuropa.eu

Selain bagus untuk tulang, vitamin D3 juga baik untuk kesehatan kulit kamu. Perlu diketahui, serapan vitamin D ke dalam tubuh dapat mendorong produksi nutrisi D3 di lapisan epidermis kulit. Saat vitamin D3 diproduksi, akan memicu proses regenerasi kulit mati menjadi sempurna. 

Hal ini tentu dapat merangsang pergantian kulit, sehingga kulit menjadi halus dan sehat. Kamu dapat memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi ikan salmon, sereal, susu sapi, dan telur ya! 

6. Vitamin B3

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!water-io.com

Vitamin B3 termasuk yang mudah yang larut dalam air dan mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Untuk memperolah vitamin B3 kamu dapat mengonsumsi kiwi, brokoli, kacang-kacangan, dan sereal gandum.

7. Vitamin K

Bikin Kulit Lebih Sehat dan Lembap dengan 7 Vitamin Ini Yuk!vaya.in

Ternyata, manfaat vitamin K juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Vitamin K dapat membantu mengatasi masalah bekas luka, stretch mark, bintik hitam, dan lingkaran hitam di bawah mata. Lengkapi asupan vitamin K dari makanan seperti sayuran hijau berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Nah, itu dia tujuh vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Selain merawat dari luar, kamu juga harus merawat dari dalam! 

Baca Juga: Tidak Hanya Sehat, 5 Makanan Ini Akan Membuat Kulit Semakin Glowing