Kulit cerah dan bersinar merupakan impian semua perempuan. Tetapi, untuk mendapatkannya ternyata tidak mudah. Sudah menggunakan berbagai macam skincare dan melakukan perawatan, terkadang wajah tetap terlihat kusam. Biar kamu bisa mencegahnya, ini tujuh penyebab kulit menjadi kusam. Apa saja? Lets check this out, Bela!

1. Stres berlebihan

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusam

Salah satu penyebab kulit kusam adalah stres yang berlebihan. Karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang memengaruhi aliran darah menuju ke organ-organ vital, tapi tidak ke wajah sehingga wajah terlihat lebih kusam dan mudah berjerawat. Untuk mendapatkan kulit mulus, yuk kurangi tingkat stres kamu dengan rutin melakukan meditasi dan selalu berpikir positif. 

2. Kulit dehidrasi

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamirishnews.com

Kulit dehidrasi merupakan sebuah kondisi kulit yang memiliki kadar air yang rendah. Biasanya, ketika kulit mengalami dehidrasi, ia akan mengeluarkan lebih banyak minyak untuk menggantikan air yang hilang. Sehingga, kecenderungan untuk timbul jerawat, bercak kering, dan kusam menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, jaga terus kelembapan kulit kamu dengan penuhi konsumsi cairan dan rutin gunakan pelembap. 

3. Polusi udara

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamirishnews.com

Kandungan partikel kecil seperti sulfur dioksida yang ada di polusi dapat menimbulkan masalah pada kulit. Radikal bebas dapat merusak kolagen, sehingga muncul garis halus serta merusak pigmen kulit. Ada baiknya ketika kamu harus berada di luar ruangan, gunakan masker dan segera bersihkan wajah. 

4. Menggunakan skincare yang tidak cocok

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamfreepik.com

Salah satu yang membuat wajah kamu mudah kusam adalah salah menggunakan skincare yang tidak sesuai. Beberapa kandungan mungkin tidak cocok kamu gunakan dan menyebabkan kulit menjadi mudah berjerawat dan kusam. Pastikan, untuk memilih skincare yang bekerja untuk kulit kamu. 

5. Sering terpapar sinar matahari

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamfreepik.com

Memang betul bahwa sinar matahati diperlukan tubuh untuk membentuk vitamin D, namun jika terlalu sering terpapar dapat membuat kulit menjadi tidak rata. Selain itu, sinar matahari juga menjadi penyebab kurangnya kolagen yang mengakibatkan kulit menjadi mudah kusam. 

6. Tidak cukup istirahat

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamfreepik.com

Kurangnya istirahat dapat membuat tubuh menghasilkan hormon kortisol, sehingga wajah dapat dengan mudah menjadi kusam. Selain itu, aliran darah menuju sel kulit menjadi terhambat dan menimbulkan garis halus serta jerawat.

7. Kekurangan asupan kolagen

Tanpa Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kusamtelegraph.co.uk

Kemampuan tubuh untuk menghasilkan kolagen secara alami akan berkurang ketika menginjak usia 20 tahun. Jika kekurangan asupan kolagen, maka kulit lebih rentan terhadap gejala-gejala penuaan dini seperti garis-garis halus dan wajah menjadi cepat kusam. Sedini mungkin selalu rawat kulit wajah kamu agar tetap kencang dan cerah. 

Baca Juga: Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, Yuk! 

Baca Juga: 6 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Wajah Makin Kusam

Baca Juga: Manjur Abis, Ini Masker untuk Wajah Kering dan Kusam