Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang selalu curi perhatian, namun perawatannya sering dihiraukan. Padahal seringnya pengunaan lipstik membuat terjadinya penumpulan sel-sel kulit mati di bibir. Untuk itu penting sekali rutin menggunakan lip scrub agar bibir selalu sehat dan lembap.

Tenang, nggak perlu beli yang mahal-mahal, kok. Kamu bisa membuat lip scrub dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Penasaran caranya bagaimana? Intip yuk lima scrub alami untuk mencerahkan bibir berikut ini!

1. Gula merah dan madu

5 Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir, Bikinnya Mudah!Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir/ 21ninety.com

Scrub alami pertama yang bisa kamu coba adalah campuran antara gula dan madu. Pasalnya, madu berfungsi untuk melembapkan, sedangkan gula mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga efektif merawat bibir kamu.

Caranya juga simpel banget, campurkan 2 sdm madu dengan 1sdt madu, lalu aduk secara merata. Setelah itu aplikasikan ke bibir dan dipijat secara lembut. Terakhir bilas menggunakan air hangat, ya. Untuk hasil maksimal gunakan scrub gula dan madu ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Gula dan minyak kelapa

5 Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir, Bikinnya Mudah!Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir/ chilondon.com

Selain bagus buat pertumbuhan rambut, minyak kelapa juga tinggi akan antioksidan dan asam lemak yang bagus untuk menyehatkan kulit, termasuk bibir. 

Cara membuat scrub gula dan minyak kelapa ini, kamu bisa mengabungkan 1sdm minyak kelapa dengan 2 sdm gula lalu aduk secara perlahan dan aplikasikan ke bibir. Diamkan selama lima menit lalu bilas menggunakan air hangat. Jika rutin dilakukan, bibir akan lebih lembap dan cerah.

3. Gula, bubuk cokelat, dan madu

5 Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir, Bikinnya Mudah!Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir/ momentswithmandi.com

Scrub alami untuk mencerahkan bibir yang ketiga adalah kombinasi antara gula, bubuk cokelat, dan madu. Nggak hanya lezat, ternyata cokelat memiliki kandungan yang mampu meningkatkan hidrasi kulit. Sedangkan kakao yang ada di cokelat juga kaya akan antioksidan.

Cara membuat scrub alami ini juga mudah sekali, campurkan 1 sdm bubuk kakao, 2sdm gula, dan 3 sdt madu lalu aduk secara merata. Aplikasikan ke bibir dan gosok perlahan, diamkan selama lima menit lalu bersihkan menggunakan kain basah. Setelah itu, bibir kamu terasa lembap, deh. 

4. Gula, kiwi, dan stroberi

5 Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir, Bikinnya Mudah!Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir/ imperialsugar.com

Campuran antara gula, kiwi, dan stroberi mampu menyegarkan sekaligus melembapkan bibir. Kiwi berfungsi untuk menenangkan bibir yang kering, sedangkan stroberi mengandung mineral dan vitamin yang membantu mengembalikan warna alami bibir. 

Pertama siapkan 1 buah stoberi, 1/2 buah kiwi, dan 6 sdm gula. Selanjutnya, haluskan stroberi dan kiwi menggunakan blender, lalu campurkan gula. Aduk secara merata dan aplikasikan ke bibir dengan gerakan melingkar. Jika sudah didiamkan selama satu menit, bilas menggunakan air hangat. Bibir langsung terlihat lebih cerah, lho.

5. Kopi dan madu

5 Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir, Bikinnya Mudah!Scrub Alami untuk Mencerahkan Bibir/ oprahdaily.com

Bukan rahasia lagi kalau kopi mampu mengangkat kulit kering sekaligus menutrisi. Untuk itu, gabungan antara kopi dan madu bagus sekali untuk menjaga kesehatan bibir.

Tentu saja, caranya juga mudah sekali. Campurkan 1 sdm bubuk kopi dengan 1 sdm madu, aduk secara merata dan aplikasikan ke bibir. Pijat dengan gerakan berputar selama satu menit, dan diamkan sebentar. Bilas menggunakan air hangat dan bibir terasa lebih halus. Gunakan secara rutin, ya.

So, itu dia lima scrub alami untuk mencerah bibir. Caranya mudah dan terjangkau, yuk langsung cobain!

Baca Juga: Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumah

Baca Juga: 6 Cara Memakai Lipstik Sesuai Bentuk Bibir

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitam