Belakangan ini, skincare yang mengandung retinol banyak diburu oleh skincare junkie,  karena bahan aktif efektif ini dapat memperbaiki berbagai permasalahan kulit hingga berfungsi sebagai anti-aging. Tetapi dibalik kehebatannya tersebut, retinol memiliki kekurangan yaitu kandungannya yang cukup keras, sehingga tidak bisa digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, ataupun kulit sensitif. Sayang banget, kan?

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, saat ini kamu khasiat dari retinol bisa dirasakan menggunakan bahan aktif yang lebih gentle, yaitu bakuchiol. Untuk yang masih asing dengan kandungan ini, bakuchiol merupakan antioksidan yang diturunkan secara alami dari biji dan daun tanaman psoralea corylifolia atau babchi, dan biasa dikenal sebagai tanaman batch.

Sejak dulu, tanaman berwarna ungu cantik ini menjadi bahan pengobatan tradisional ayurveda yang berfungsi untuk menenangkan, mencegah ruam, kemerahan, bahkan mampu menyembuhkan luka. Jika melihat manfaatnya, hampir sama kan dengan retinol? Untuk itu, bakuchiol dipercaya sebagai alternatif yang lebih aman dengan manfaat yang serupa. 

Nah, kenapa sih bakuchiol dianggap aman? Karena bakuchiol bukan turunan dari vitamin A dan terbuat dari ekstrak tumbuhan alami, sehingga tergolong lebih gentle. Oleh karenanya, hampir semua jenis kulit dapat mencoba kehebatan bakuchiol. Jika tertarik menambahkan bakuchiol dalam skincare regime kamu, Popbela punya lima rekomendasi produk lokal dengan kandungan bakuchiol, lho. Apa saja? Let’s check this out!

1. True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum

Rekomendasi Bakuchiol Lokal yang Hempas Berbagai Masalah Kulit!instagram.com/truetoskinofficial

True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum mengandung 1% bakuchoil berfungsi sebagai anti-aging, meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan, dan membantu mengatasi jerawat. Selain itu, ada 2% lactobionic acid (PHA) dan probiotics yang mampu mengeksfoliasi kulit tanpa iritasi, memperkuat skin barrier, dan aman digunakan kulit sensitif. Pokoknya, dalam satu produk ini kamu bisa merasakan manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

2. Bhumi Bakuchiol Night Oil

Rekomendasi Bakuchiol Lokal yang Hempas Berbagai Masalah Kulit!instagram.com/bhumiofficial

Face oil dari Bhumi ini mengandung 5% bakuchiol yang dapat mencerahkan, mengurangi garis halus, dan memperbeiki tekstur tanpa mengeringkan kulit. Nggak hanya itu, 35% pomegranate oil membuat kulitmu terasa lebih lembap dan terlindungi dari sinar UV serta anti peradangan. Sedangkan, 1% PHA berperan mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Teksturnya lumayan thick, namun tetap nyaman digunakan. Aplikasikan pada malam hari saja, ya!

3. Sesuka Rejuvenate Bakuchiol Oil Serum

Rekomendasi Bakuchiol Lokal yang Hempas Berbagai Masalah Kulit!instagram.com/sesuka.official

Rejuvenate Bakuchiol oil serum merupakan oil base serum yang diformulasikan dengan jojoba oil , hempseed oil, tamanu oil dan seabucthorn oil yang diperkaya dengan bakuchiol. Bermanfaat untuk memperbaiki tesktur kulit, menjaga kelembapan, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi garis halus. Jika mengaplikasikan produk ini, kamu cukup gunakan dua tetes saja untuk seluruh bagian wajah. Cocok digunakan semua jenis kulit. 

4. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Rekomendasi Bakuchiol Lokal yang Hempas Berbagai Masalah Kulit!doc.internet

Produk terbaru dari Somethinc ini langsung mencuri perhatian pecinta skincare. Mengandung bakuchiol yang aman untuk semua kulit bahkan remaja maupun ibu hamil, oil serum ini berfungsi merangsang produksi sel baru dan kolagen, mengembalikan kekenyakan kulit, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, mengandung salicylic acid yang berfungsi mengurangi jerawat. Dalam 12 minggu saja dengan pemakaian teratur, maka kamu dapat merasakan manfaatnya.

5. Bloomka Bakuchiol + Almond

Rekomendasi Bakuchiol Lokal yang Hempas Berbagai Masalah Kulit!instagram.com/bloomka_id

Last but no least, produk ini mengombinasikan antara almond oil dan bakuchiol yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, mendorong pembentukan kolagen, menyamarkan kerutan, dan mencerahkan wajah. Dengan adanya almond oil, maka kulitmu juga akan terasa lebih terhidrasi dan lembap. Cocok banget digunakan untuk kulit yang cenderung kering serta dehidrasi.

Nah, itu dia penjelasan dan rekomendasi bakuchiol lokal yang bisa kamu coba. Kira-kira tertarik yang mana nih, Bela? 

Baca Juga: Sebagai Anti-Aging, Ini 7 Rekomendasi Produk dengan Kandungan Retinol

Baca Juga: Ini yang Harus Kamu Ketahui Soal Skincare Anti-Aging

Baca Juga: 7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulit