Belakangan ini, penggiat kecantikan disuguhkan dengan munculnya berbagai produk kecantikan yang memberikan klaim Anti-Aging. Seperti kita tahu, penuaan kulit itu pasti terjadi, mengingat adanya penambahan usia dan faktor pola hidup. Nah, namun yang menjadi permasalahaan adalah terjadinya penuaan dini.

Kulit yang mengalami penuaan dini biasanya akan mengalami munculnya garis halus dan juga kerutan. Sering dikira serupa, nyatanya garis halus dan kerutan merupakan permasalahan kulit yang berbeda, lho. Lewat artikel ini, Popbela akan membagikan perbedaan garis halus dan kerutan. Seperti apa? Yuk langsung intip!

Apa itu garis halus dan penyebabnya

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Garis Halus dan KerutanPerbedaan Garis Halus dan Kerutan/ skinartisans.com

Garis halus merupakan garis yang ada di kulit berbentuk seperti retakan yang muncul di area yang paling rentan atau tipis, seperti sudut bibir, sudut mata, dan sekitar dahi. Munculnya garis halus juga terjadi karena adanya pergerakan secara berulang pada area tersebut yang menyebabkan kulit otot mengendur, sehingga rentan terjadinya garis halus.

Nggak hanya itu aja, garis halus juga disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup yang tak seimbang dan kekurangan cairan. Jika cairan di dalam tubuh tercukupi, maka sel-sel kulit akan terhidrasi, begitu pula dengan sebaliknya. Selain itu, ada juga faktor eksternal seperti seringnya terpapar langsung sinar matahari yang dapat merusak kolagen dan lapisan dermis kulit.

Apa itu kerutan dan penyebabnya

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Garis Halus dan KerutanPerbedaan Garis Halus dan Kerutan/liveabout.com

Berbeda dengan garis halus, kerutan umumnya terjadi karena adanya faktor penambahan usia dan akan terlihat jelas jika dibandingkan dengan garis halus. Kalau garis halus akan terlihat ketika kamu membuat ekspresi dengan wajah, kerutan justru bisa terlihat meski wajah tidak sedang berekpresi. 

Tentu saja penyebab munculnya kerutan karena adanya faktor pertambahan usia dimana kulit secara perlahan kehilangan elastisitas sehingga membuatnya tampak tidak kencang. Sama seperti garis halus, kerutan akan bertambah parah ketika kamu sering terpapar sinar matahari secara langsung.

Cara mengatasi garis halus dan kerutan

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Garis Halus dan KerutanPerbedaan Garis Halus dan Kerutan/ self.com

Cepat atau lambat, tanda-tanda penuaan pasti akan muncul. Namun, mengatasi garis halus dan kerutan bisa dimulai sedini mungkin lho, Bela. Pertama, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan rutin minum air mineral. Selain itu, atur pola hidup menjadi lebih seimbang seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup tidur pada malam hari.

Selanjutnya, gunakan secara rutin skincare yang tinggi akan antioksidan, sehingga mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tampak lebih kencang. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan seperti hyaluronic acid, retinol, vitamin C dan E.

Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk rutin menggunakan sunscreen meskipun beraktivitas di dalam rumah. Sunscreen berfungsi menangkal sinar UV dari matahari dan radikal bebas. Sehingga nutrisi kulit akan lebih terjaga dan senantiasa lembap.
 
Nah, itu dia perbedaan garis halus dan kerutan yang sering tertukar. Kini sudah tahu kan bedanya, Bela? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Atasi Garis Halus di Bawah Mata dengan 7 Perawatan Alami Ini Yuk!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Kecil Ini Menimbulkan Kerutan Di Wajah Lho!

Baca Juga: Ini yang Harus Kamu Ketahui Soal Skincare Anti-Aging