Jerawat merupakan salah satu gangguan pada kulit yang umumnya terjadi di wajah. Tetapi tahukah kamu, bahwa jerawat bisa timbul di area selain wajah? Mulai dari telinga, leher hingga kemaluan. Lalu apa saja penyebabnya? Simak baik-baik ya, Bela! 

1. Telinga

Nggak Cuma di Wajah, Ini Kenapa Jerawat Tumbuh di Area Tubuh yang Lainfreepik.com

Umumnya jerawat akan muncul di bagian daun telinga dan lubang telinga luar. Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa sakit dan gatal. Jerawat telinga dapat terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati atau bakteri yang menyumbat pori-pori kulit di telinga. 

Penyebab tersering munculnya jerawat di telinga antara lain sering berbagi earbud dengan orang lain, menggunakan earbud  yang kotor, stres, anting yang kotor, menggunakan topi atau helm atau alergi terhadap produk rambut atau kecantikan.

2. Leher

Nggak Cuma di Wajah, Ini Kenapa Jerawat Tumbuh di Area Tubuh yang Lainfreepik.com

Ternyata jerawat bisa muncul juga pada bagian leher. Umumnya penyebab munculnya jerawat di leher hampir sama, yaitu peningkatan produksi minyak atau penumpukan sel-sel kulit mati maupun bakteri di pori-pori kulit leher. Dan kondisi ini dipicu oleh hormon, tingkat stres, kosmetik yang digunakan, dan aksesori yang digunakan pada area leher. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan area leher ya. 

3. Kulit kepala

Nggak Cuma di Wajah, Ini Kenapa Jerawat Tumbuh di Area Tubuh yang Lainfreepik.com

Jerawat di kulit kepala atau disebut juga folikulitis, terjadi ketika pori-pori atau folikel rambut tersumbat dan meradang akibat infeksi. Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes), Staphylococcus epidermidis, tungau, dan jamur adalah beberapa jenis organisme yang dapat menginfeksi kulit kepala dan menyebabkan peradangan, hingga menimbulkan jerawat di kulit kepala. Selain itu, produk rambut yang tidak cocok, bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat di kulit kepala kamu. 

4. Punggung

Nggak Cuma di Wajah, Ini Kenapa Jerawat Tumbuh di Area Tubuh yang Lainfreepik.com

Jerawat juga bisa muncul di punggung dipengaruhi oleh faktor genetik. Itu artinya, peluang kamu akan lebih besar untuk mengalaminya jika punya orangtua dengan kondisi yang sama.Tak hanya itu, obat-obatan tertentu, keringat yang terperangkap saat pakai pakaian ketat, dan stres juga bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat di punggung.

5. Area sekitar kemaluan

Nggak Cuma di Wajah, Ini Kenapa Jerawat Tumbuh di Area Tubuh yang Lainfreepik.com

Area tertutup seperti kemaluan ternyata juga bisa muncul jerawat. Kondisi ini tentu akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Penyebab munculnya jerawat pada area kemaluan juga beragam, seperti folikulitis yaitu peradangan yang terjadi pada folikel rambut karena infeksi bakteri atau jamur. 

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya folikulitis adalah salah mencukur rambut kemaluan. Atau bisa juga melalui dermatitis kontak, yaitu reaksi peradangan pada kulit akibat paparan zat atau bahan tertentu. Serta sabun yang mengandung wewangian, dan kondom yang tidak cocok untuk kulit. So, jaga kebersihan area intim kamu selalu ya!

Baca Juga: 7 Kesalahan Mencukur Rambut Kemaluan Paling Umum yang Kamu Lakukan

Baca Juga: Jadi Jerawatan Ketika Work From Home? Mungkin Ini Penyebabnya!

Baca Juga: Punya Wajah Mulus, 9 Artis Korea Ini Pernah Berjuang Melawan Jerawat