Belakangan ini, berbagai minyak alami tengah digandrungi para beauty enthusiast, termasuk mineral oil. Yups, mineral oil atau minyak mineral merupakan minyak bumi yang tidak berwarna, tidak berbau, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Meski kini banyak produk kecantikan yang menggunakan mineral oil sebagai bahan utama, namun sayangnya hanya sebagian orang yang memahami betul apa manfaat dari mineral oil.

Nah, agar kamu makin yakin untuk mengaplikasikan mineral oil, Popbela akan membagikan lima manfaat mineral oil untuk perawatan kulit dan rambut. Hmm, kira-kira apa aja sih? Simak artikel ini baik-baik, ya!

1. Melembapkan kulit

Ini 5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan RambutManfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut/ editorialist.com

Tentu saja, mineral oil mampu melembapkan serta mengunci hidrasi kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Ketika kelembapan kulit sudah terjaga, maka skin barrier akan lebih kuat dan membantu mencegah timbulnya jerawat ataupun iritasi. Untuk itu, kamu bisa mengaplikasikan mineral oil pada pagi hari maupun malam hari. Gunakan di tahapan terakhir skincare routine, ya.

2. Mengatasi bagian kulit yang kasar dan kering

Ini 5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan RambutManfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut/ nbcnews.com

Beberapa bagian tubuh seperti tumit atau siku umumnya lebih kering, kasar, dan mudah pecah-pecah dibandingkan area lainnya, sehingga membutuhkan perawatan khusus seperti mineral oil. Kamu bisa merasakan manfaat baik dari mineral oil dengan rutin menggunakannya pada malam hari atau ketika kulit terasa kering. 

3. Mencegah dan mengobati eksim

Ini 5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan RambutManfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut/ shape.com

Siapa yang kulitnya sangat sensitive dan sering mengalami eksim? Jika berbagai cara sudah kamu lakukan dan belum ada hasilnya, mungkin bisa mencoba menggunakan mineral oil. Eksim biasanya terjadi pada kulit yang kering, untuk itu penting banget menjaga kelembapan kulit. Nah, dengan mineral oil, maka kulit akan jadi lembap dan eksim secara perlahan akan berkurang.

4. Menjaga kesehatan rambut

Ini 5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan RambutManfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut/ pinterest.com

Nggak hanya untuk kulit, ternyata mineral oil juga bermanfaat untuk rambut, salah satunya adalah menjaga kesehatan rambut. Sifatnya yang melembapkan, menjadikan mineral oil berfungsi membuat rambut terasa lebih kuat, mencegah rambut bercabang, hingga mengurangi terjadinya rambut patah.

Cara menggunakannya juga gampang sekali, cukup aplikasikan mineral oil secukupnya pada rambut lalu diamkan semalaman. Keesokannya bilas dengan air hangat dan bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu.

5. Mengatasi ketombe

Ini 5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan RambutManfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut/ yourbriohealth.ca

Nah, manfaat mineral oil yang terakhir adalah mengatasi ketombe. Umumnya, ketombe terjadi karena kulit kepala yang kering dan tidak bernutrisi. Sedangkan mineral oil membuat kulit kepala menjadi lebih lembap, sehingga ketombe akan jarang muncul.
 
So, itu dia lima manfaat mineral oil untuk perawatan kulit dan rambut. Tentu saja, untuk hasil maksimal gunakan secara rutin, ya!

Baca Juga: Bikin Sehat dan Awet Muda, 10 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan

Baca Juga: Lagi Hype, Ini Manfaat Face Oil Beserta Rekomendasinya

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum