Sudah sejak dulu, beras dipercaya menjadi salah satu jenis makanan yang banyak manyimpan manfaat untuk perawatan tubuh, mulai dari rambut hingga kulit. Bahkan, nggak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan beras sebagai ingredients utama mereka. Nah, untuk mendapatkan khasiatnya, kamu nggak perlu aplikasikan beras ke kulit, cukup gunakan air yang tersisa setelah kamu merendam beras.
 
Bikin kulit cerah dan halus, kamu bisa intip lima manfaat air beras untuk kesehatan kulit lewat artikel ini. Kira-kira apa aja sih? Yuk langsung intip artikel ini!

1. Meratakan warna kulit

5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, Bikin Tekstur jadi Halus!Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, filmfaremiddleeast.com

Air beras mengandung zat gamma-oryzanol yang baik untuk merawat kesehatan kulit, termasuk meratakan warna serta membuat kulit tampak lebih cerah. Selain itu, air beras juga memiliki formula yang ringan dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Jadi pas banget digunakan kulit kusam.

2. Mengobati jerawat

5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, Bikin Tekstur jadi Halus!5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, derminstitute.co.za

Nah, air beras juga ampuh melawan dan mengobati jerawat, lho. Dalam sebuah penelitian, dijelaskan air beras dapat mengatasi masalah peradangan seperti eksim dan psoriasis. Selain itu, air beras tidak akan membuat kulit menjadi kering, sehingga tak perlu khawatir. 

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, Bikin Tekstur jadi Halus!5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, georgianamerloi.com

Selain bertekstur, kandungan protein yang ada di dalam beras dapat bekerja sebagai exfoliant alami, jadi membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Jika sel-sel kulit mati sudah terangkat, maka kulit akan terasa lebih halus dan bersih. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan air beras 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Memperlambat terjadinya penuaan kulit

5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, Bikin Tekstur jadi Halus!5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, int.eucerin.com

Air beras dapat menurunkan aktivitas enzim elastase yang berperan dalam proses penuaan kulit. Untuk itu lah, air beras dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit seperti noda hitam atau keriput. Kulit jadi selalu kencang dan bercahaya! 

5. Menjaga kulit dari bahaya sinar matahari

5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, Bikin Tekstur jadi Halus!5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit, byrdie.com

Manfaat air beras untuk kesehatan kulit yang terakhir adalah menjaga kulit dari bahaya sinar matahari. Yups, kamu bisa gunakan air beras yang sudah difermantasi karena mengandung senyawa alami yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari seperti layaknya sunscreen. Wah, dengan begini kulit akan tampak lebih muda, deh.
 
So, itu dia lima manfaat air beras untuk kesehatan kulit yang wajib kamu tahu. Bikin kamu makin penasaran kan mencoba kebaikan dari air beras?

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Masker Tepung Beras

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilang

Baca Juga: 9 Rekomendasi Merek Obat Jerawat di Apotek dan Harganya