L’Oréal Paris, brand kecantikan no.1 di dunia kembali meneguhkan komitmennya untuk memberdayakan perempuan di Indonesia terutama para perempuan pengusaha untuk mendorong roda perekonomian di Indonesia. Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar, lebih dari 60% UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan sehingga peran perempuan tak dapat diremehkan.

Bekerja sama dengan Stellar Women, sebuah komunitas yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya, L’Oréal Paris resmi menjadi mitra utama Stellar Power Accelerator Program 2022 sebagai bentuk dukungan nyata untuk memberi kelas inspirasi, mentoring dan membantu perempuan dalam memajukan usaha mereka. Dalam survei bertajuk "Advancing Women in Entrepreneurship" yang dilakukan oleh Google-Kantar tahun 2020, angka partisipasi perempuan Indonesia dalam bidang kewirausahaan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara.

Penelitian tersebut menemukan bahwa 49% perempuan menyatakan telah memiliki bisnis yang mereka jalankan sendiri, sementara 45% mengaku baru ingin berwirausaha. Delapan dari 10 perempuan yang sudah atau ingin berwirausaha di Indonesia mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan bisnis, seperti keterampilan berbinis, pengelolaan uang, dan keterampilan digital.

Namun, walaupun angka partisipasi perempuan dalam bidang kewirausahaan di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia Tenggara, mereka masih terganjal sejumlah stigma dan stereotip untuk mewujudkan impiannya.

L’Oréal Paris & Stellar Women Dukung Perempuan untuk Memajukan EkonomiPopbela.com/L'Oreal

Stellar Power Accelerator merupakan program akselerator terbesar di Indonesia yang diselenggarakan untuk perempuan pengusaha, yang selama ini memiliki keterbatasan akses terhadap pendanaan ataupun dukungan finansial lainnya. Stellar Power Accelerator memberikan dukungan, mentor, dan akses yang dibutuhkan perempuan untuk mengembangkan bisnisnya mulai dari penjualan, pemasaran, pengelolaan sumber daya
manusia, dan masih banyak keahlian lainnya.

Selama delapan minggu, peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam melalui sesi perkuliahan, kelompok mentorship, maupun diskusi dengan sesama
perempuan pengusaha. Pada tahun 2021, Stellar Women menerima lebih dari 1.500 pendaftar, dan tahun ini diharapkan angka ini akan berkembang menjadi dua kali lipat.

Setidaknya terdapat tiga program utama yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 18 Januari 2022 s.d. 8 Maret 2022, yaitu Kelas Stellar Power Accelerator, Mentorship, dan Demo Day.

Kelas Stellar Power Accelerator

Kelas Stellar Power Accelerator merupakan rangkaian kelas virtual dimana peserta mempelajari keahlian berbisnis secara komprehensif langsung dari ahlinya. Puluhan sesi akan diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai lanskap bisnis saat ini maupun keahlian bisnis yang diperlukan untuk berkembang.

Melibatkan lebih dari 45 ahli sebagai pembicara, antara lain Uma Hapsari (Founder of Amazara.id), Teresa Wibowo (CEO RupaRupa), Dinda Puspitasari (Illustrator), Prita Ghozie (CEO ZAP Finance), Lisa Widodo (COO Blibli), Najwa Shihab (Founder Narasi), Cinta Laura (L’Oréal Paris Spokesperson, Aktris, Penyanyi, Aktivis Sosial) dan masih banyak lagi. Program ini dapat diikuti oleh perempuan dari seluruh kota di Indonesia.

Tidak perlu khawatir mengenai jadwalnya karena rangkaian kelas akan dilaksanakan setiap hari Selasa malam pukul 18.00 - 20.30 WIB sehingga memudahkan mereka yang memiliki aktivitas di siang harinya.

L’Oréal Paris & Stellar Women Dukung Perempuan untuk Memajukan EkonomiPopbela.com/L'Oreal

Mentorship

Sebanyak 300 peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan khusus untuk bergabung dalam kelompok mentoring. Dalam kelompok mentoring ini peserta dapat berbagi pengalaman dan memotivasi satu sama lain dengan perempuan pengusaha lainnya. Setidaknya terdapat lebih dari 20 mentor womenpreneur, yang siap membina peserta untuk mengembangkan bisnisnya dengan tepat. Program mentorship akan dilaksanakan
sebanyak empat sesi selama program Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris berlangsung.

Demo Day
Stellar Power Accelerator juga memberikan dukungan pendanaan bagi perempuan pengusaha melalui program Demo Day. Peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis, memiliki kesempatan untuk menunjukkan inovasi bisnisnya di hadapan para juri, yang merupakan investor dan pebisnis berpengalaman. Para pemenang Demo Day akan mendapatkan hadiah tunai total Rp50.000.000. Melalui subprogram ini, diharapkan perempuan Indonesia dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan visi bisnisnya yang berdampak bagi masyarakat keseluruhan.

Pendaftaran peserta Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris telah dibuka! Dapatkan tiketnya di website resmi Stellar Women (www.stellarw.com). Tiket single class Stellar Power Accelerator 2022 juga bisa didapatkan melalui Blibli, e-commerce partner Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris.

Baca Juga: L'Oréal Paris Gandeng Hollaback Jakarta Kampanyekan Metode 5D

Baca Juga: L'Oreal Paris Launching Produk Holy Grail Baru untuk Kulit Berminyak

Baca Juga: Review: L'Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum