Dalam masa pandemi virus corona seperti ini, mungkin kamu melakukan aktivitas yang dapat mengurangi tingkat stres. Seperti melakukan meditasi, yoga, menonton film dan merawat diri. 

Tentu saja, perawatan singkat dan praktis yang bisa dilakukan selama social distancing adalah menggunakan masker. Namun, apakah menggunakan masker setiap hari dapat menutrisi kulit atau justru sebaliknya? Dari pada penasaran, simak ulasannya di bawah ini yuk!

Benarkah Kebiasaan Menggunakan Masker Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak? gritdaily.com

Melansir dari Refinery29, Tujuan utama masker wajah adalah untuk memberikan kandungan baik yang mampu menutrisi kulit dalam waktu singkat, karenanya masker hanya disarankan untuk digunakan selama 5-10 menit saja. Namun, penggunaan masker bisa mudah berlebihan, seperti mengomeskan masker setiap malam  justru akan memberikan dampak buruk bagi kulit.

Dikenal dengan "over-masking" oleh para ahli, gejalanya meliputi kemerahan, berjerawat, gatal, sensasi terbakar, kering, bersisik, dan bahkan mengupas kulit. Menurut Parisha Acharya, ahli kulit dan dokter kecantikan di Waterhouse Young Clinic di London, terlalu sering menggunakan masker dapat membahayakan dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit menjadi mengelupas dan ini dapat membunuh bakteri baik yang memiliki tugas untuk menjaga kulit tetap terasa sehat.

Benarkah Kebiasaan Menggunakan Masker Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak? freepik.com

Selain itu, menggunakan banyak bahan pada kulit, terutama jika bahan aktifnya tinggi, dapat mengakibatkan gangguan pada skin barrier. Ketika skin barrier terganggu, maka kesehatan kulit menjadi terganggu. Hal Ini dapat menyebabkan masalah seperti ruam wajah, seperti dermatitis kontak atau eksim.

Benarkah Kebiasaan Menggunakan Masker Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak? marieclaire.co.uk

Lantas seperti apa pengunaan masker wajah yang tepat? Menurut Dr. Acharya, "Itu semua tergantung pada jenis kulit kamu, tetapi juga jenis masker yang dipilih," katanya. "Untuk kulit yang sangat sensitif, saya akan merekomendasikan menggunakan masker sekali seminggu dan memastikan bahan-bahannya cocok untuk masalah kulit kamu. 

Hydrating mask dapat digunakan kira-kira dua hingga tiga kali seminggu, tetapi exfoliating mask, brightening, atau anti-aging harus digunakan antara 1-2 kali seminggu. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba sedikit produk tersebut untuk memastikan apakah kulit kamu memiliki reaksi atau tidak. 

Benarkah Kebiasaan Menggunakan Masker Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak? beautycrew.com.au

Jika kamu merupakan penggemar masker wajah, Dr. Acharya merekomendasikan tehnik "multi-masking" dengan menerapkan masker wajah yang berbeda pada area tertentu untuk menargetkan masalah kulit. Misalnya, konsentrasikan masker yang mengandung salicylic acid pada area yang mudah berjerawat dan muncul komedo, lalu hydrating mask bisa diaplikasikan pada area kering dan kusam. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan kulit kamu menerima bahan-bahan yang tepat di area yang benar.

Sama seperti serum atau pelembap, kamu harus konsisten menggunakan masker untuk mendapatkan hasil terbaik. Gunakan produk pilihan kamu dalam jangka waktu 6-10 minggu, dan selalu bersihkan masker secara sempurna. Pastikan setelah menggunakan masker, lanjutkan dengan skincare routine kamu ya! 

Baca Juga: Bikin Wajah Semakin Glowing, Ini 7 Rekomendasi Masker Lokal

Baca Juga: Melembapkan, Ini 7 Rekomendasi Masker untuk Kulit Kering

Baca Juga: 10 Rekomendasi Masker Wajah yang Ampuh Basmi Jerawat