Membersihkan wajah secara sempurna merupakan aktivitas yang harus dilakukan sebelum menutup hari kamu. Hal ini dapat menghindari timbulnya jerawat dan kulit lebih siap diaplikasikan skincare selanjutnya. Nah, salah satu metode yang paling populer adalah double cleansing. Jika sudah tidak asing dengan metode ini, pasti kamu juga sudah mengenal cleansing oil dan cleansing balm. Lantas, apa saja sih perbedaan dari dua produk ini? Langsung intip aja yuk!

1. Cleansing oil

Ternyata, Ini Bedanya Cleansing Oil dan Cleansing Balmallure.com

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang memiliki tekstur cair seperti minyak. Jenis produk ini umumnya dikemas dalam botol pump. Sehingga akan lebih simple dan memudahkan para penggunanya.

Cleansing oil memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari yang ringan hingga yang kental. Saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga dapat mengangkat riasan tanpa meninggalkan residu yang menganggu.

Namun, karena teksturnya yang cukup cair, cleansing oil terkadang memberikan kesan messy ketika digunakan. Untuk cleansing oil yang memiliki tekstur lebih thick, cocok banget untuk menghapus heavy makeup, karena akan melunturkan riasan secara menyeluruh dan tidak membutuhkan banyak produk. 

2. Cleansing Balm

Ternyata, Ini Bedanya Cleansing Oil dan Cleansing Balmstylecaster.com

Sedangkan cleansing balm merupakan produk pembersih wajah oil-based yang memiliki tekstur semi padat seperti balsam. Pada umumnya akan dikemas dalam bentuk tube atau jar yang sudah dilengkapi oleh spatula untuk mengambil produk. Sehingga, kebersihan produk tetap terjaga.  

Sama seperti cleansing oil, pembersih ini juga akan lumer ketika diaplikasikan ke wajah. Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu membasuh dengan air. Namun, beberapa cleansing balm yang memiliki tekstur sangat thick, sehingga membutuhkan bantuan handuk hangat untuk melunturkannya.

Nah, cleansing balm cocok banget untuk kamu yang memiliki kulit kering. Pasalnya, produk ini akan memberikan kelembapan setelah kamu membersihkan wajah. 

Baca Juga: Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat

Baca Juga: 3 Aturan Mencuci Muka Yang Harus Kamu Ketahui