Jika kamu sudah berhasil menghilangkan jerawat pada wajah kamu, mungkin perjuangan kamu belum berhenti sampai di situ. Terkadang bekas jerawat akan menyebabkan bekas cekung atau biasa disebut dengan bopeng yang sangat menganggu penampilan. Bopeng sendiri merupakan bekas luka yang dalam pada kulit dan tidak dapat hilang dengan sendirinya. Jika kamu mengalami hal itu, lima cara ini bisa kamu coba untuk mengurangi bopeng. Apa saja caranya? Silahkan disimak ya, Bela!

1. Rutin menggunakan perawatan khusus untuk bopeng

Tidak Sulit, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Bopengfashionfill.com

Jika bopeng yang terjadi dikulit kamu tidak terlalu parah, cara ini mungkin langkah awal yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa memilih perawatan yang mengandung centella asiatica yang dipercaya dapat menenangkan iritasi kulit dan juga mempercepat regenerasi kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin ya, Bela! 

2. Gunakan chemicals exfoliator

Tidak Sulit, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Bopenglifesavvy.com

Dengan rutin menggunakan eksfoliator, sel kulit mati kamu akan mudah rontok. Sehingga, pertumbuhan sel kulit yang baru akan lebih cepat. Dengan begitu, bopeng pada wajah kamu akan segera berkurang. Tapi ingat ya, gunakan chemicals exfoliator sesuai dengan anjuran dalam kemasan. Jangan sampai wajah kamu menjadi iritasi.

3. Dermabrasi

Tidak Sulit, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Bopengallure.com

Kamu bisa melakukan dermabrasi di klinik kecantikan yang terpercaya. Dermabrasi menggunakan sebuah alat yang memiliki sejenis kawat kecil yang berputar dan mengangkat lapisan kulit bagian atas lebih dalam. Selama pemulihan, lapisan kulit yang baru akan tumbuh lebih halus dan menggantikan kulit yang rusak. Tapi yang perlu kamu ketahui, perawatan ini tidak memiliki efek yang instan lho. Membutuhkan waktu selama 10 hari sampai 3 minggu masa penyembuhan. Jadi harap sabar ya! 

4. Laser Resurfacing

Tidak Sulit, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Bopengthehealthy.com

Laser wajah ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan atas kulit dan mengencangkan lapisan tengah kulit. Laser resurfacing menjanjikan waktu penyembuhan yang lebih cepat dari pada jenis perawatan lainnya. Selain itu, laser wajah ini juga bermanfaat untuk meregenerasi kulit di area bekas jerawat. Hmm, menarik untuk di coba nih!

5. Microneedling

Tidak Sulit, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Bopenghealthline.com

Sama seperti dua treatment di atas, untuk microneedling kamu juga harus melakukannya di klinik kecantikan. Microneedling ini menggunakan rol kecil berisi jarum-jarum harus yang ditusukkan ke kulit untuk membantu mengurangi kedalaman bopeng. Treatment ini juga dikenal dengan terapi induksi kolagen, karena dapat merangsang pembentukan kolagen yang berguna untuk mengisi lekukan pada kulit wajah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang banya ya! Jadi, treatment apa yang ingin kamu coba?