Nggak hanya jerawat, komedo juga bisa mengganggu penampilan dan bikin kamu nggak percaya diri. Umumnya komedo terbagi menjadi dua, komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).
 
Untuk komedo putih terjadi karena adanya minyak berlebih dan sel kulit mati yang masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Pori-pori kecil membuat campuran minyak dan sel kulit mati yang tidak teroksidasi, ini menjadi penyebab mengapa jika kamu memencet komedo akan keluar lemak putih.
 
Nah, ingin tampil lebih maksimal tanpa komedo putih? Tenang aja! Lewat artikel ini, Popbela akan membagikan tujuh cara menghilangkan komedo putih. Apa aja sih? Yuk langsung scrolling!

1. Rutin mengangkat sel kulit mati dengan chemical exfoliator

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Bikin Tekstur Kulit Jadi MulusCara Menghilangkan Komedo Putih/ editorialist.com

Proses exfoliate atau pengangkatan sel kulit mati menjadi cara yang dianggap paling efektif untuk menghilangkan komedo putih. Nggak cukup sekali atau dua kali saja, untuk hasil maksimal kamu harus rutin menggunakan chemical exfoliator 2-3 kali dalam seminggu, ya. Agar kulit nggak jadi kering, aplikasikan pelembap setelah melakukan exfoliate. 

2. Gunakan produk yang mengandung salicylic acid

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Bikin Tekstur Kulit Jadi MulusCara Menghilangkan Komedo Putih/ tokko.io

Kalau kamu yang memiliki kulit cenderung berjerawat, pasti sudah nggak asing lagi deh dengan kandungan ini. Yups, salicylic acid berfugsi membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi kemerahan. Nggak hanya jerawat, komedo putih juga bisa hilang dengan salicylic acid. Ada yang udah pernah nyobain? 

3. Gunakan produk dengan kandungan glycolic acid

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Bikin Tekstur Kulit Jadi MulusCara Menghilangkan Komedo Putih/ winnetnews.com

Cara menghilangkan komedo putih selanjutnya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung glycolic acid. Karena memiliki ukuran molekul yang lebih kecil, kandungan aktif ini dapat menjangkau jaringan kulit lebih dalam, sehingga ampuh mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk komedo putih. Jika rutin digunakan, nggak hanya komedo yang pergi, kulit juga terasa lebih kenyal dan cerah.  

4. Aplikasikan skincare yang mengandung retinol

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Bikin Tekstur Kulit Jadi MulusCara Menghilangkan Komedo Putih/ independent.co.uk

Beberapa tahun terakhir ini, retinol menjadi primadona bagi skincare enthusiast. Selain mengembalikan elastisitas kulit, retinol juga mampu menghilangkan komedo putih, lho. Karena bahan aktif ini merupakan turunan dari vitamin A yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Kamu bisa menggunakan produk retinol 2-3 kali seminggu dan hanya diaplikasikan pada malam hari. Untuk pemula, baiknya cari produk dengan persenan yang rendah dulu, ya.

5. Kandungan witch hazel dan tea tree juga ampuh menghilangkan komedo putih

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Bikin Tekstur Kulit Jadi MulusCara Menghilangkan Komedo Putih/ blogabouthanney.com

Nggak melulu yang berbahan aktif, kandungan alami seperti witch hazel dan tea tree juga mampu melindungi kulit dari munculnya komedo putih. Witch hazel sendiri berfungsi menenangkan kulit sekaligius mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Sedangkan tea tree mengandung anti-bakteri yang dapat menghilangkan jerawat dan komedo putih.
 
Nah, itu dia lima cara menghilangkan komedo putih dengan cepat yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk terus menjalankan pola hidup sehat, agar perawatan dari luar makin efektif. Stay glowing ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Komedo

Baca Juga: Usir Komedo Membandel dengan 5 Produk Ini

Baca Juga: Mulai dari Masker hingga Serum, 9 Produk Ini Bikin Komedo Kabur