Munculnya jerawat, eksim, biduran, psoriasis merupakan sinyal dari dalam tubuh bahwa kamu tengah mengalami stres. Ketika adanya peningkatkan hormon kortisol (hormon stres pada tubuh), maka akan memengaruhi produksi minyak berlebih. Sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Nah, untuk itu kamu wajib tahu lima cara mengatasi masalah kulit akibat stres. Apa saja? Simak baik-baik ya, Bela!

1. Gunakan skincare yang tepat

Mudah Dilakukan, Begini 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Streslorealparisusa.com

Ketika sedang stres, sebaiknya hindari mencoba produk skincare yang baru. Bisa jadi, salah satu kandungan di skincare tersebut menjadi pemicu timbulnya masalah lain di kulit. Sebaiknya, kamu mengaplikasikan produk yang dimana kulitmu sudah bersahabat dengan seluruh ingredients-nya.

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa kamu sudah membersihkan kulit dengan baik dan benar, agar pori-pori tidak tersumbat kotoran ataupun debu. Agar pikiran lebih tenang,  menggunakan masker wajah bisa menjadi salah satu solusi yang efektif dan mudah dilakukan di rumah, lho. 

2. Tidur yang cukup

Mudah Dilakukan, Begini 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stres

Tidur yang cukup penting banget untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit. Karena, kurangnya waktu tidur dapat memengaruhi peningkatan hormon kartisol yang berdampak pada produksi minyak berlebih. 

Nggak hanya itu, jika kamu kurang tidur membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga dapat memicu munculnya berbagai masalah kulit seperti garis halus dan jerawat. Untuk itu, apapun beban pikiran yang sedang kamu rasakan, pastikan tidur selama 7-8 jam dalam sehari, ya!

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Mudah Dilakukan, Begini 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stresgoodhousekeeping.com

Untuk mengatasi masalah kulit akibat stres, pastikan selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu. Jika kurang, maka jerawat dan masalah kulit lainnya akan lebih mudah muncul di permukaan kulit dan bisa menambah stres yang sedang kamu alami. 

Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, tentu saja kulit akan terasa lebih lembap dan skin barrier tetap terjaga. Oleh karena itu, selalu pastikan konsumsi delapan gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

4. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan C

Mudah Dilakukan, Begini 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stressixtyandme.com

Perbanyak konsumsi vitamin A dan C juga dapat membantu mengatasi masalah kulit akibat stres. Karena, vitamin A dan C berfungsi mendorong produksi kolagen dan melindugi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jka dikonsumsi secara rutin, kedua vitamin ini juga membantu mencerahkan dan melembapkan kulit. Say bye-bye to masalah kulit! 

5. Rutin berolahraga

Mudah Dilakukan, Begini 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stresnorthernvirginiamag.com

Ternyata, olahraga nggak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga mental. Aktivitas fisik ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, membuat pikiran menjadi lebih tenang dan mengatasi stres berlebih. 

Tentu saja, jika pikiran lebih tenang, maka kondisi kulitmu juga akan membaik dengan sendirinya. Nah, kamu bisa banget melakukan berbagai jenis olahraga yang kamu sukai, mulai dari bersepeda, berenang, ataupun yoga. Hati senang, kulit juga makin sehat!

So, itu dia lima cara mengatasi masalah kulit akibat stres yang mudah dan pasti bisa kamu lakukan. Yuk, buat pikiran dan hati kamu jauhi dari perasaan stres berlebih! 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Jadi Obat Stres karena Lama WFH

Baca Juga: 12 Kata Mutiara Ini Akan Mengajakmu Tetap Positif Mengatasi Stres

Baca Juga: Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAja