Hampir 13 jam berpuasa membuat tubuhmu kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Selain tenggorokan terasa kering, bagian bibirmu juga cendering kehilangan kelembapan, lho. Tentu saja, bibir yang kering akan mengurangi kepercayaan diri dan membuat pulasan lipstick-mu terlihat tak sempurna.

Jangan sampai bibir kering dan pecah-pecah memengaruhi puasa kamu, Bela! Ada baiknya kamu ikuti tujuh cara ampuh mengatasi bibir kering saat puasa a la Popbela berikut ini. Dijamin simpel dan mudah banget! 

1. Cukupi kebutuham cairan tubuh

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!terrycralle.com

Meski berpuasa, kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi. Selain menghindari dehidrasi, tercukupinya cairan di tubuh juga memengaruhi kelembapan bibir. Lantas bagaimana caranya? Kamu dianjurkan untuk minum air mineral tiga gelas ketika sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan tiga gelas saat malam hari. Dengan pola tersebut, maka bibir kering bisa teratasi dengan mudah. 

2. Hindari makanan asin dan pedas ketika sahur atau berbuka

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!freepik.com

Makanan pedas dan asin pasti menjadi pilihan ketika berbuka maupun sahur. Namun, jika tak ingin bibir terasa kering, sebaiknya hindari dua makanan ini. Sebab, garam berfungsi mengikat cairan di dalam tubuh, sedangkan makanan pedas membuat tenggorokan terasa lebih haus. So, hindari dulu ya!

3. Hindari berbuka dan sahur dengan minuman yang mengandung kafein

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!thehealthy.com

Nah, nggak hanya makanan asin dan pedas, ketika berbuka atau sahur hindari juga minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Karena, kafein dapat memengaruhi kelembapan kulit, sehingga bibir akan terasa lebih kering. Selama bulan puasa, kamu bisa mengganti dengan mengonsumsi chamomile tea atau green tea yang nggak hanya nikmat, tapi juga baik untuk tubuh. 

4. Rutin mengeksfoliasi bibir

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!eatingwell.com

Eksfoliasi bibir bisa membantu mengatasi bibir kering saat puasa, lho. Adanya penumpukan sel-sel kuliit mati menjadi salah satu penyebab bibir kering. Nggak perlu dilakukan setiap hari kok, kamu cukup lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu setelah berbuka puasa. Aplikasikan secara lembut agar bibir tidak iritasi. 

5. Jangan lupa aplikasikan lip balm

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!stylecheer.com

Menjalankan puasa adalah saat yang tepat untuk membeli dan mencoba lip balm baru! Karena, lip balm akan menjadi andalan kamu ketika berpuasa agar bibir tidak kering. Biar lembap maksimal, pilih lip balm yang mengandung vitamin E dan teksturnya thick supaya menghidrasi bibir dengan sempurna. Bisa digunakan kapanpun ya, Bela! 

6. Jangan menjilat bibir

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!pinterest.com

Menjilat bibir merupakan kebiasaan ketika bibirmu terasa kering. Namun perlu diketahui bahwa air liur tidak memberikan kelembapan, justru membuat bibirmu akan terasa semakin kering dan memperburuk keadaan. Untuk itu, hindari ya!

7. Say bye-bye (for a while) to lip matte!

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!

Tampil kece ketika puasa itu sebuah keharusan, tetapi ada baiknya hindari memulaskan lipstick matte. Umumnya, lipstik dengan hasil akhir matte akan membuat bibirmu kering dan menyerap kelembapan alami bibir. Untuk itu, kamu bisa memilih lipstick dengan tekstur yang ringan dan lembap. Jadi, penampilanmu tetap memesona, deh! 

So, itu dia tujuh cara ampuh mengatasi bibir kering saat puasa. Semoga bermanfaat dan happy fasting, Bela!

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 9 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Baca Juga: 7 Tips untuk Kamu yang Ingin Berdiet Saat Menjalani Puasa

Baca Juga: Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat