Meski tertutup, memilki ketiak hitam jelas menganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri ketika menggunakan pakaian tanpa lengan. Penyebab terjadinya ketiak hitam dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetik, paparan bahan kimia dari deodoran, proses mencukur yang tidak tepat, hingga menumpuknya sel kulit mati karena tak pernah di eksfoliasi.

Kini, sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan untuk mencerahkan ketiak. Namun, tentu saja perawatan tersebut memerlukan biaya yang tak ramah di kantong. Eits, tapi nggak perlu khawatir kok, demi ketiak yang cerah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara memutihkan ketiak secara alami? Keep scrolling!

1. Kentang

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamipinterest.com

Tak hanya enak untuk dikonsumsi, kentang juga menyimpan manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah memutihkan ketiak secara alami. Mengandung vitamin C dan vitamin B3 yang cukup tinggi, maka kentang bisa menjadi bahan alami untuk memutihkan ketiak kamu.

Tentu caranya juga mudah banget. Kamu cukup parut kentang dan dicuci dengan air, lalu aplikasikan parutan tersebut pada ketiak dan diamkan selama 10-15 menit, jika sudah kering bilas dengan air hangat. Disarankan melakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

2. Cuka apel

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamiwexnermedical.osu.edu

Penggunaan cuka apel sebagai toner wajah dipercaya dapat mengobati dan merawat kulit berjerawat. Ternyata, tak hanya itu saja, lho, cuka apel juga berfungsi memutihkan ketiak karena mengandung asam asetat dan asam sitrat yang mengangkat sel-sel kulit mati serta membunuh bakteri. 

Cara menggunakannya, siapkan dua sendok teh cuka apel dan bubuk soda kue, lalu campurkan secara merata dan aplikasikan pada area ketiak. Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan tiga kali seminggu agar ketiak tampak cerah dan bersih. 

3. Jeruk nipis

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamitheladders.com

Dari dulu sampai sekarang jeruk nipis dikenal akan kemampuannya untuk mencerahkan kulit karena mengandung vitamin C, dan flavanoid yaitu antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Untuk itu, kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan ketiak. 

Caranya, iris jeruk nipis dengan ketebalan kurang lebih 5mm, lalu gosokan irisan jeruk nipis tersebut ke ketiak selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan untuk hasil maksimal lakukan hal ini secara rutin setiap dua hari sekali. 

4. Lidah buaya

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamiwomansworld.com

Selain baik untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut, ternyata kandungan vitamin A dan E di dalam lidah buaya juga dapat memutihkan kulit ketiak yang gelap. Nggak hanya itu, lidah buaya juga mengandung poliskarida dan auksin yang mendorong pertumbuhan sel kulit baru.

Sehingga, ada baiknya kamu rutin menggunakan masker lidah buaya. Cara membuatnya juga mudah, cukup kupas lidah buaya yang sudah dibersihkan, lalu aplikasikan di area ketiak. Diamkan selama 15 menit, dan terakhir bilas menggunakan air hangat. Gunakan secara rutin untuk hasil yang nyata. 

5. Kunyit

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamiyoutube.com

Cara memutihkan ketiak secara alami lainnya adalah dengan kunyit. Bumbu dapur satu ini juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit yang gelap. Kandungan anti-oksidan dan kurkumin yang terdapat di kunyit memang menyimpan banyak manfaat,  sehingga efektif memutihkan dan menghaluskan tekstur ketiak. 

Cara pengunaannya, parut kunyit hingga halus dan campurkan dengan madu, lalu aduk hingga rata dan aplikasikan ke ketiak. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga mengering setelah itu bilas menggunakan air dingin. Jika rutin dilakukan, maka ketiak putih bukan lagi impian.

6. Mentimun

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Lezat di santap dan kaya akan manfaat, mentimun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan ketiak karena dapat mendorong pergantian sel-sel kulit baru. Caranya, iris mentimun dengan ketebalan sekitar 5mm, lalu aplikasikan secara merata di area ketiak yang gelap. Lalu diamkan selama 20 menit dan bersihkan menggunakan air dingin. Masker mentimun ini bisa kamu gunakana dua hingga tiga kali dalam seminggu, lho! 

7. Yogurt

Ampuh Banget, Ini 7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alamitasteofhome.com

Mengandung asam alfa hidroksi yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, dan vitamin B5 serta B12, yogurt berperan untuk memutihkan ketiak. Jadi, pastikan kamu rutin menggunakan masker yogurt agar ketiak yang gelap menjadi ebih cerah. 

Caranya, siapkan dua hingga tiga sendok yogurt lalu dicampurkan dengan susu. Setelah di aduk secara merata, aplikasikan pada ketiak dan dibiarkan selama 30 menit, terakhir bilas menggunakan air hangat. Mudah banget, kan? 

So, itu dia tujuh cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: 5 Tips Atasi Ketiak Basah yang Bikin Bau dan Nggak Nyaman

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Ketiak agar Tetap Halus dan Tidak Menghitam 

Baca Juga: Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui