Sudah lebih dari satu tahun kita menjalani aktivitas di tengah pandemi COVID-19. Selain membatasi bertemu dengan banyak orang, kita juga diwajibkan untuk menggunakan masker ketika terpaksa harus keluar rumah. 

Nah, nyatanya menggunakan masker memicu timbulnya jerawat atau biasa disebut dengan maskne. Penyebabnya tentu saja karena area yang tertutup masker akan menjadi lembap, sehingga memicu timbulnya bakter penyebab jerawat. 

Nggak cukup dengan menggunakan skincare atau menjalani pola hidup sehat, untuk mencegah maskne kamu perlu mencari masker yang tepat. Popbela punya lima tips memilih masker anti maskne. Apa saja? Simak baik-baik, yuk!

1. Pilih masker berbahan katun

5 Tips Memilih Masker Anti Maskne, Say Bye-bye to Jerawat! freepik.com

Jika kamu memilih masker kain, kamu bisa pilih masker dengan bahan yang lembut seperti katun. Bahan katun memiliki tekstur yang lembut, sehingga mengurangi terjadinya iritasi atau timbulnya maskne. Nggak hanya itu, bahan katun juga breathable, jadi pernapasan kamu tetap terasa nyaman. 

2. Adanya pewarna bahan bisa memicu timbulnya jerawat

5 Tips Memilih Masker Anti Maskne, Say Bye-bye to Jerawat! allure.com

Meski lucu dan bikin penampilanmu makin on point, nyatanya masker dengan warna dan desain menarik dapat memicu timbulnya maskne. Karena, pewarna dapat menimbulkan iritasi dan menyumbat pori-pori. Sebaiknya pilih masker kain yang polos saja ya, Bela! 

3. Gunakan masker dengan model 3D

5 Tips Memilih Masker Anti Maskne, Say Bye-bye to Jerawat! japantimes.co.jp

Yups, model 3D seperti ini nggak hanya nyaman untuk pernapasan, tetapi juga aman untuk kulitmu. Adanya ruang di area bibir dan hidup mengurangi terjadinya gesekan antar kulit dan masker, sehingga mengurangi terjadinya iritasi. Selain itu, masker dengan model 3D juga memiliki sirkulasi udara lebih baik, jadi tidak membuat kulit jadi lembap dan bakteri penyebab jerawat bisa dicegah. Tips memilh masker anti maskne yang bisa dicoba, nih! 

4. Gunakan masker sekali pakai

5 Tips Memilih Masker Anti Maskne, Say Bye-bye to Jerawat! freepik.com

Kalau menggunakan masker kain sama sekali nggak cocok gimana, dong? Solusinya kamu bisa mengenakan masker sekali pakai. Meski tak menjadi jaminan, namun karena hanya sekali digunakan, jadi akan lebih aman untuk kulitmu. Sebaiknya pilih masker sekali pakai dengan bahan yang lembut dan jangan lupa untuk mengganti setiap tiga jam sekali, ya. 

5. Cuci masker dengan tepat

5 Tips Memilih Masker Anti Maskne, Say Bye-bye to Jerawat! sentinelassam.com

Last, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan masker. Pastikan untuk selalu mencuci masker kain setiap habis pakai. Ketika mencuci, hindari penggunaan detergen atau pewangi, karena bisa saja residunya tertinggal di masker yang dapat memicu munculnya maskne. 

So, itu dia lima yang wajib kamu ikuti. Setiap habis beraktivitas menggunakan masker, jangan lupa mencuci wajahmu dengan maksimal ya, Bela! 

Baca Juga: “Maskne” Jadi Momok Baru Selama Pandemi, Ini 4 Cara Mengatasinya 

Baca Juga: Ternyata Nggak Sulit, Begini 6 Langkah Mudah Atasi Maskne 

Baca Juga: Kenali 'Maskne', Jenis Jerawat Baru yang Mengintai di Balik Maskermu