Kulit adalah salah satu aset terpenting bagi perempuan. Kulit yang sehat dan bersih akan menunjang penampilanmu. Terkadang, untuk mencapai kulit yang flawless membutuhkan perawatan yang tidak mudah. Perlu adanya disiplin dan rutinitas yang tepat untuk mendapatkan kulit yang kamu impikan.

Merawat kulit dengan pemakaian skincare yang pas adalah sebuah investasi yang perlu kamu lakukan sejak dini. Namun, kerap kali karena terlalu ambisius untuk merawat, malah akan membuat kulitmu rusak. Apa aja lima kesalahan merawat kulit yang masih sering kamu lakukan?

1. Terlalu sering melakukan scrub atau exfoliating

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan! beautyscene.net

Salah satu cara untuk membantu melepaskan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, menyegarkan lapisan sel sehingga kulit lebih siap menerima produk lain yang akan digunakan, adalah dengan cara pengelupasan atau exfoliating. Namun, menggunakan scrub yang kasar dalam beberapa kali seminggu bisa menjadi terlalu keras untuk kulit, lho.

Terlalu banyak menggosok kulit wajah dapat membuat kulit iritasi. Untuk itu, pilihlah scrub yang mengandung butiran yang tidak terlalu kasar serta lakukan scrubbing cukup 1-2 kali seminggu saja.

2. Tidak sadar selalu menyentuh muka dengan keadaan tangan yang kotor

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan! twitter.com

Sering kali tanpa tidak sadar kamu sering mengecek kondisi wajah dengan menyentuhnya. Padahal, tangan kamu dalam keadaan yang kotor. Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat menimbulkan resiko kuman dan bakteri menempel.

Hal ini akan membuat munculnya jerawat dan masalah-masalah lain pada kulit, lho. Don't ever touch your face with your dirty hands, Bela!

3. Memberi jeda waktu yang terlalu lama antara satu skincare dengan yang lainnya

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan! preen.me

Langkah-langkah skincare memang tidak mudah, ada banyak rangkaian untuk mendapatkan hasil wajah yang sehat, terawat sesuai dambaan. Mulai dari toner, moisturizer, daycream, nightcream, belum lagi step tambahan lainnya.

Kadang, dari produk satu ke yang lainnya, kamu memberi jeda sebelum dipakai untuk menunggu produk kering ataupun menyerap. Namun kamu juga harus perhatikan pemakaiannya, girls. Jangan terlalu lama memberi jeda pada setiap step yang dilakukan. Karena step satu dan lainnya berfungsi untuk menyerap secara bersamaan, dan tidak perlu menunggu hingga kering pada kulit ya!

4. Melakukan face cleansing yang berlebihan

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan! health.com

Membersihkan kulit merupakan langkah paling penting untuk membersihkan kotoran-kotoran pada permukaan kulit dan memastikan bahwa kulit terlihat segar. Namun jika kamu membersihkannya dengan produk-produk yang kasar atau keras, kulit kamu bisa terasa kering. Jika kulit sesekali terasa kencang atau terlihat kusam, hal tersebut bisa menunjukkan bahwa mungkin kamu terlalu bersih.

Pemilihan produk yang bersifat lembut serta tidak mengandung pewangi, alkohol, atau pewarna akan bekerja dengan baik pada jenis kulit yang paling sensitif sekalipun. Juga jangan terlalu sering membersihkan wajah, cukup 2-3 kali sehari, ya.

5. Hanya memakai sunscreen saat keadaan cuaca yang panas

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan! Pinterest.com

Mengenakan sunscreen sangat baik dan sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Namun, pastikan jangan mengenakan SPF hanya saat cuaca cerah. Tahu nggak, kalau sinar matahari tetap dapat membahayakan kulit walau di cuaca hujan atau dingin sekalipun. Pastikan juga kamu memberi jeda waktu sekitar 5-15 menit untuk membiarkan sunscreen menyerap setelah pengaplikasian sebelum keluar rumah

Jangan sampai salah lagi ya, BelaSesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Kesalahan Merawat Kulit yang Masih Sering Kamu Lakukan!"

Baca Juga: Nggak Susah, Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Breakout