Melasma adalah sebuah kondisi dimana adanya bercak-bercak hitam di kulit. Keadaan ini bikin kulit terlihat memiliki noda kotor dan tidak sehat. Melasma yang tiba-tiba menyebar di kulit tentunya jadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Jadi, supaya semakin tahu lebih rinci tentang kondisi ini, berikut ulasan tentang melasma. Check it out, Bela!

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Ternyata melasma dapat terjadi ketika melanocytes, yaitu sel-sel yang menciptakan warna pada kulit, tiba-tiba kelebihan dalam memproduksi pigmen gelap atau melanin. Maka, adanya bercak-bercak hitam di kulit bikin kulit tampak belang. Melasma biasanya muncul di pipi, hidung, kening, dagu, dan di atas bibir. Selain itu, melasma bisa muncul di bagian tubuh yang sering terkena matahari seperti leher dan lengan.

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Beberapa kasus melasma memang terjadi karena faktor genetik. Tapi ternyata terdapat faktor lain yang bisa memunculkan melasma, salah satunya adalah perubahan hormon. Ternyata 90% kasus melasma terjadi pada perempuan. Hal ini karena perempuan sering mengalami perubahan hormon seperti saat hamil dan melahirkan. Bahkan, beberapa perempuan mengalami kondisi melasma pertama kalinya ketika masa kehamilan.

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Kondisi pada penderita melasma memang tampak ada noda hitam di wajah. Tapi, kalau kamu tiba-tiba mengalami kondisi kulit seperti ini sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum kamu berasumsi terkena melasma. Kondisi bercak hitam pada kulit bisa jadi karena post-inflammatory hyperpigmentation acne atau solar lentigines.

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Kondisi melasma juga bisa berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya, saat seseorang terkena melasma saat masa kehamilan, maka melasma biasanya akan hilang saat sudah tidak hamil. Tapi, adanya beberapa kasus melasma yang butuh treatment lebih lanjut seperti mengonsumsi hydroquinone atau melakukan terapi dengan krim yang mengandung retinoid. Selain itu, melakukan chemical peeling, laser treatment, dan microdermabrasion.

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Saat terkena melasma, sebaiknya hindari dulu rutinitas skincare sehari-hari karena produk yang nggak tepat justru bisa memperburuk kondisi melasma. Selain itu, jangan melakukan waxing dalam masa pemulihan dari melasma karena bisa menimbulkan peradangan pada kulit.

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Melasma

Penggunaan sunscreen secara rutin memang ampuh dalam mencegah melasma. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk pakai sunscreen dengan minimal SPF30 yang bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Bahkan jika cuaca sedang mendung, jangan lupa tetap gunakan sunscreen.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah yang Perlu Kamu Ketahui