Bukan cuma bibir saja yang kering, kamu juga pasti merasa jika wajahmu ikutan kering bahkan hingga kusam kan? Bukan tidak mungkin, kondisi kulit seperti ini akan dialami oleh semua wanita yang menjalani ibadah puasa. Sebelum wajahmu semakin kusam, yuk ketahui dulu penyebab wajah kusam saat puasa!

1. Dehidrasi

Kenapa Wajah Lebih Gampang Terlihat Kusam Saat Puasa? Ini 5 SebabnyaShutterstock/galitskaya

Hal ini menjadi faktor utama mengapa wajahmu tampak kusam ketika berpuasa. Dalam sehari, idealnya manusia mengonsumsi air kurang lebih 2 liter. Jelas, hal itu sangat berkurang jika menjalani puasa. Penyebabnya, dimana kadar air dalam tubuh berkurang secara drastis dikarenakan selama lebih dari 12 jam kamu tidak minum. Nah, inilah yang berpengaruh terhadap kesegaran wajahmu.

2. Kurang tidur

Kenapa Wajah Lebih Gampang Terlihat Kusam Saat Puasa? Ini 5 SebabnyaShutterstock/fizkes

Waktu tidurmu akan berkurang drastis ketika puasa, apalagi bagi wanita pekerja sepertimu. Kamu harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan makanan sahur dan kadang nggak tidur lagi kan? Ketika pulang bekerja pun, kamu nggak langsung tidur. Beberapa pekerjaan yang harus kamu selesaikan atau ibadah di bulan Ramadan ini menjadi hal utama yang membuat kamu nggak bisa tidur cepat. Nah, kurang tidur ini juga berakibat pada wajah kusammu lho.

3. Polusi udara

Kenapa Wajah Lebih Gampang Terlihat Kusam Saat Puasa? Ini 5 SebabnyaShutterstock/voyagerix

Bela, tahukah kamu kalau polusi udara adalah penyebab wajahmu menjadi lebih kusam? Kombinasi radikal bebas dan radiasi sinar ultraviolet bisa membuat produksi kolagen kulit wajah kamu menurun lho. Sehingga, kulit wajah jadi kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Kalau sudah begini, biasanya kamu menggunakan masker wajah. Tapi, tahukah kamu kalau masker wajah saja nggak cukup untuk melawan polusi udara, karena polusi udara bisa menyerap ke dalam kulit lho. Malahan, kulitmu jadi dua kali lebih kusam.

Cara untuk mengatasi kulit wajah kusam sebenarnya cukup simpel. Kamu hanya perlu membersihkan wajahmu dengan benar agar sisa-sisa polusi udara dapat hilang menyeluruh. Tapi, membersihkan wajah nggak cuma pakai air saja lho. Kamu juga butuh sabun pencuci wajah yang benar-benar dapat menghilangkan masalah wajah kusammu. Popbela menyarankan kamu untuk menggunakan POND’S Pure White Facial Foam. Dengan activated charcoal, POND’S dapat mengangkat partikel polusi untuk men-detox kulit dengan 2x brightening action lho. Kamu cukup menggunakannya di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas. Coba deh bandingkan, wajahmu pasti akan lebih segar dan cerah dari biasanya.

Nah, jika kamu beralih menggunakan POND’S Pure White Facial Foam, ada kabar baiknya lho. POND’S akan mengajakmu pergi umroh dengan orang tersayang. Caranya, beli POND’S varian apa saja dan upload struk belanjamu di WhatsApp Account POND’S bit.ly/pondsumroh atau klik di sini ya. Menangkan hadiah umroh dan hadiah menarik lainnya. Selamat mencoba Bela!

4. Terlalu banyak makan gorengan

Kenapa Wajah Lebih Gampang Terlihat Kusam Saat Puasa? Ini 5 SebabnyaShutterstock/kuruneko

Dilansir dari halodoc.com, gorengan bisa memiliki efek yang kurang baik bagi kondisi kulit kamu Bela. Makanan yang digoreng cenderung akan terhidrogenasi oleh panas. Selama proses menggoreng, produksi lemak akan menghancurkan antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh dan kulit. Selain itu, asam lemak trans juga akan mendorong produksi radikal bebas yang memicu oksidasi. Nah, proses inilah yang sangat merugikan kulit kita. Duh, harus dikurangi lagi ya.

5. Mandi terlalu lama

Kenapa Wajah Lebih Gampang Terlihat Kusam Saat Puasa? Ini 5 SebabnyaShutterstock/rosshelen

Mandi saat berpuasa memang akan memberikan efek segar pada tubuhmu, apalagi saat cuaca sedang dalam panas-panasnya. Tapi, kebiasaan ini malah membuat kesehatan kulitmu menurun lho. Ketika kamu berlama-lama main dengan air, lemak-lemak yang menempel di wajahmu malah semakin larut. Inilah yang membuat wajahmu tampak lebih kering dan kusam.

Nah, itulah lima hal yang dapat membuat wajahmu lebih gampang kusam saat puasa. Selama kamu pintar untuk menjaga kesehatan kulitmu, pasti kamu bisa terhindar dari kondisi kulit yang kusam. Semangat Bela!