Bohong besar kalau kamu nggak peduli soal perawatan tubuh, termasuk soal kesehatan kulit wajah. Namanya juga cewek, Popbela paham banget kok betapa pentingnya kondisi wajah  untukmu. Mungkin hampir sebagian besar dari kamu akan memilih kulit wajah yang putih,  padahal yang terpenting itu sehat dan cerah lho. Nggak peduli apa warna kulitmu, selama itu  sehat dan cerah pun, sudah lebih dari cukup kok, Bela. 

Ada yang bilang sih kamu harus rajin membersihkan wajah dari sisa makeup, tapi ternyata itu saja belum cukup. Apa lagi langkah-langkahnya? Keep scrolling, Bela!

1. Menutrisi kulit dari dalam dengan makanan sehat

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/Makistock

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, nggak melulu soal skincare kok. Kamu harus terus perhatikan asupan makanan yang selama ini kamu konsumsi, kita sering menyebutnya nutrisi dari dalam. Tapi jangan asal melahap ya, sebisa mungkin kamu menghindari kacang-kacangan, kandungan susu, ataupun cokelat putih. Yang lebih sehat masih banyak kok, tinggal perbanyak sayur dan buah juga sehat.

2. Punya jam tidur teratur

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/paulaphoto

Jangan langsung ambil HP ya setelah kamu bangun tidur, coba langsung pergi ke kamar mandi  deh. Lihat ke cermin, apakah ada yang berbeda dari dirimu? Eits, meski kamu tidur hanya  beberapa jam saja, durasi ini berpengaruh banget girls pada kesehatan kulit, terutama wajah. Semakin sedikit jam tidurmu, justru semakin besar potensi lingkaran hitam di sekitar matamu (mata panda). Lebih-lebih, kurangnya durasi tidur ini juga bisa bikin wajah kamu jadi terlihat kurang fresh.

3. Lakukan metode double cleansing

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/TORWAISTUDIO

Kenapa harus sekali kalau faktanya bisa dua kali? Ini juga berlaku untuk membersihkan wajah. Kalau kamu pikir mencuci muka saja sudah cukup, kamu salah besar. Kamu harus lakukan double cleansing Bela, demi memastikan bahwa kulit wajahmu benar-benar bersih. Kalau kamu bingung mulainya dari mana, Popbela saranin sih kamu pakai rangkaian perawatan POND’S Vitamin Micellar Water.

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatPopbela.com/Anastasia Desire

POND’S Vitamin Micellar Water terdiri dari 4 varian, yakni Brightening Rose, D-Toxx Charcoal,  Hydrating Aloe, dan Nourishing Milk. Keempat varian ini sama-sama dilengkapi 5 vitamin penting (vitamin A, B3, B5, C, dan E) yang baik untuk kesehatan kulit wajahmu. Ini bukan sekadar makeup remover biasa ya, kamu bisa mendapatkan kulit yang glowing meski setelah membersihkan sisa-sisa makeup di wajah.

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatPopbela.com/Anastasia Desire

Selain membersihkan makeup, micellar water ini juga memiliki manfaatnya masing-masing lho. Brightening Rose (kandungan 100% organic natural french roses) dengan 5x brightening action, D-Toxx Charcoal (kandungan bamboo dan activated charcoal) dengan 5x purifying action, Hydrating Aloe (kandungan organic natural aloe vera extract) dengan 5x hydrating action, dan Nourishing Milk (kandungan milk essence) dengan 5x nourishing action

Nggak usah bingung, beli dulu produknya dan rasakan sendiri manfaatnya. Cek di sini untuk info selengkapnya ya!

4. Jaga kelembaban kulit

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/metamorworks

Jangan sama pasangan saja kamu peduli, kamu juga harus peduli sama kondisi kulitmu sendiri. Setidaknya, kamu harus tau apa jenis kulit kamu. Normal, kering, berminyak, atau justru kombinasi? Apa pun jenis kulitmu, kamu harus bisa menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. Setidaknya kamu bisa menggunakan moisturizer supaya kulit wajah tetap lembab dan ternutrisi sepanjang hari. Nggak mau ‘kan kalau tiba-tiba ada kerutan wajah yang terlihat saking keringnya kondisi wajahmu? Big no!

5. Jangan lupa untuk gunakan serum wajah

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/Dragon Images

Siapa di antara kamu yang sering banget bertanya-tanya kenapa perawatan wajah dengan 
skincare itu paling sering dilakukan ketika malam hari? Betul banget, karena malam hari jadi waktu yang tepat untuk ‘membiarkan’ kulit wajah kita beristirahat. Nah, bisa dibilang sih 
perawatan jadi lebih optimal ketika malam hari, apalagi kita nggak terkena sinar matahari lagi ‘kan? 

Setidaknya kamu menggunakan serum wajah dulu ya sebelum tidur, ini tidak hanya berguna untuk mencegah penuaan dini tetapi juga untuk atasi masalah kulit wajah lainnya seperti kering, kasar, jerawat, ataupun si kulit sensitif.

6. Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah

Setelah Hapus Makeup, 6 Langkah Ini Bisa Bikin Wajahmu SehatShutterstock/metamorworks

Nah ini dia nih yang paling sering dilewati cewek, yaitu menggunakan sunscreen setiap kalo kamu pergi ke luar. Bukannya ribet, ini berguna banget demi terhindarnya area wajah yang 
kemerahan akibat paparan sinar matahari. Itu namanya uneven skin tone ya Bela, dan 
andalkan sunscreen untuk mencegah sun spots pada wajah. 

Jadi, kulit sehat itu bukan berarti kulit putih ya. Semuanya bisa jadi sehat, mulai dari yang 
terang hingga gelap sekalipun, asalkan kamu lengkap mengikuti 6 steps di atas. Siap-siap bikin semua orang pangling ya!