Menggunakan sabun cuci muka merupakan tahapan yang paling penting dalam rangkaian skincare rutin sehari-hari. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan sabun mandi, wajah pun membutuhkan sabun cuci muka supaya bersih dan sehat.

Tahapan membersihkan wajah ini juga bisa menjaga agar kelembapan kulit seimbang serta mencegah timbulnya jerawat di wajah. 

Namun, hal itu hanya bisa didapatkan jika kamu memilih sabun cuci muka yang tepat. Sabun cuci muka untuk kulit berminyak tentu akan berbeda dengan sabun cuci muka untuk kulit kering, begitu juga sebaliknya. 

Apabila kamu memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, 8 rekomendasi sabun cuci muka di bawah ini bisa kamu coba. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. CeraVe Foaming Facial Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobacerave.com

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak pertama yang bisa kamu coba adalah CeraVe Foaming Facial Cleanser. Pembersih wajah ini berbentuk gel yang ideal untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. 

Formula CeraVe Foaming Facial Cleanser lembut sehingga tidak akan merusak skin barrier. Bahan-bahan di dalamnya juga akan membantu kulit wajah agar tetap terjaga kelembapannya. 

Kandungan sabun cuci muka ini di antaranya ada ceramides, hyaluronic acid, dan niacinamide. Tiga ceramide esensial bisa membantu mengunci kelembapan dan menjaga skin barrier kulit.

Hyaluronic acid membantu menjaga kelembapan alami kulit. Sementara itu, niacinamide membantu menenangkan kulit. Untuk kamu yang masih ragu, tenang saja karena produk ini non-comedogenic dan fragrance-free. 

2. La Roche-Posay Toleriane Purifying Foaming Facial Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobalarocheposay.co.id

La Roche-Posay Toleriane Purifying Foaming Facial Cleanser merupakan sabun cuci muka bertekstur foaming cream yang lembut dan mudah dibilas. Produk ini bisa mengangkat kotoran dan makeup yang menempel di wajah untuk kulit yang sensitif dan kering. 

Kandungan utama di dalam sabun cuci muka ini adalah gliserin dan sorbitol. Gliserin merupakan tanaman yang membantu menghidrasi kulit. Sementara sorbitol membantu mencegah hilangnya kelembapan alami kulit. 

Cara pakai sabun cuci muka ini cukup dengan menuangkannya ke telapak tangan yang sudah dibasahi. Setelah itu, aplikasikan ke wajah sambil lakukan pijatan lembut. Kalau sudah, bilas sampai bersih dan keringkan tanpa digosok. 

3. Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobaaveeno.com

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak selanjutnya adalah Clear Complexion Foaming Cleanser dari Aveeno. Produk ini memiliki formula lembut yang bisa membantu membersihkan kotoran di wajah dan mengembalikan keseimbangan kulit.

Kandungan salicylic acid di dalamnya bisa mencegah timbulnya jerawat di wajahmu. Kemudian, kandungan kedelai juga akan membantu meratakan warna dan tekstur kulit. 

Jika kamu sedang mengalami masalah kulit berjerawat, maka produk ini bisa kamu coba. Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser juga bebas minyak dan non-comedogenic sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mencobanya. 

4. Neutrogena Oil-Free Acne Wash

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobaneutrogena.co.id

Kulit yang berminyak biasanya rentan dengan penyumbatan pori-pori. Untuk mengatasinya, NEUTROGENA mengeluarkan produk sabun cuci muka Oil-Free Acne Wash.

Sabun cuci muka ini mengklaim dapat membantu membersihkan dan merawat kulit yang berminyak dan berjerawat dalam satu langkah saja.

Formula di dalamnya akan membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, tetapi tanpa membuat kulit kering. 

Cara penggunaannya, kamu cukup menuangkan NEUTROGENA Oil-Free Acne Wash ke telapak tangan, lalu usapkan ke wajah sambil dipijat dengan lembut. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih. 

5. Olay Cleanse Gentle Foaming Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobaolay.com

Olay juga memiliki produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak, yakni Olay Cleanse Gentle Foaming Cleanser. Sabun cuci muka ini diformulasikan khusus untuk membuat kulit bersih, segar, dan mengatasi kebutuhan kulit yang sensitif. 

Formulanya yang fragrance-free bisa mengangkat kotoran, minyak, dan makeup 2x lebih banyak dari sabun cuci muka biasanya. Selain itu, teksturnya yang berbusa akan membuat kulit terbebas dari noda. 

Kandungan utama dalam Olay Cleanse Gentle Foaming Cleanser adalah gliserin. Gliserin tersebut akan membantu membuat kulit lebih muda dan menjaga skin barrier kulitmu. 

6. Clean And Clear Daily Pore Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobacleanandclear.co.id

Clean & Clear mempunyai produk pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, yakni Clean And Clear Daily Pore Cleanser. Sabun cuci muka ini akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan penyebab komedo di wajah. 

Kandungan salicylic acid dan apple fruit acid di dalamnya bisa membantumu membersihkan komedo dan pori-pori yang tersumbat.

Sementara itu, kandungan pure rice formulanya bisa menyerap dan mengurangi minyak berlebih sehingga kulit terasa lebih lembut dan halus. 

Selain direkomendasikan untuk kulit berminyak, Clean And Clear Daily Pore Cleanser juga disarankan untuk kamu yang memiliki masalah komedo, baik whitehead atau blackhead. 

7. Dermalogica Clearing Skin Wash

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobadermalogica.com

Merek perawatan kulit asal Amerika, Dermalogica, juga mengeluarkan produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak yaitu Dermalogica Clearing Skin Wash.

Pembersih wajah ini membantu membersihkan kulit dan mengatasi penuaan pada kulit. Meskipun untuk kulit berminyak, tetapi produk ini membersihkan tanpa mengikis kulit. 

Dermalogica Clearing Skin Wash juga bisa mencegah jerawat yang akan timbul dan menenangkan iritasi. 

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini mengandung salicylic acid yang membantu kulit mengelupas secara alami. Selain itu, menthol dan camphor di dalamnya bisa membuat kulit terasa dingin dan fresh. 

8. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

8 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik, Patut Dicobacosrx.com

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak terakhir adalah COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Produk ini bertekstur gel yang memiliki tingkat pH lebih asam. 

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser bisa kamu gunakan siang dan malam hari untuk memperkuat skin barrier. Selain itu, sabun cuci muka ini juga membantu membersihkan dan meratakan tekstur kulit. 

Seperti sabun cuci muka pada umumnya, gunakan produk ini di pagi dan malam setelah menghapus makeup. Basahi tangan dan wajah, lalu ratakan sabun sampai berbusa.

Di akhir, bilas dengan air yang hangat. 

Ituilah 8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih produk yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

Semoga produk yang kamu pilih bisa mengatasi permasalahan kulit berminyak kamu ya, Bela!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sabun Muka untuk Remaja dengan Harga Terjangkau

Baca Juga: Jangan Asal! Ini 5 Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Baca Juga: 6 Rekomendasi Sabun Mandi dengan Aroma Buah yang Menyegarkan