Kamu sadar bahwa waktu tidak pernah bergerak lebih lambat maupun cepat. Akan tetapi, tidak jarang waktu terasa bergerak jauh lebih cepat dari apa kamu sadari. Alhasil, tanda tanda tanya terkait kulit yang suatu saat akan menua mulai bermunculan.

Tapi pertanyaannya, apakah kamu mengetahui pasti penyebab penuaan pada kulit yang sebenarnya? Pasalnya, seperti yang kamu ketahui, pencegahan secara dini hanya dapat dilakukan dengan cara mengetahui akar permasalahan dan penyebabnya.

Don't worry! Melalui acara BeautyFest Asia 2020, pakar Deszell menjelaskan secara gamblang mengenai penyebab penuaan dini yang perlu kamu ketahui sekarang juga. Well, it's better now than later or even too late, don't you agree?

1. Udara ber-AC

5 Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui Sekarangqsun.co

Ngaku! Entah kamu adalah seorang karyawati atau wirausahawan, kamu pasti sering kali melakukan aktivitas di dalam ruangan tertutup, bukan? Dampaknya, kamu pun menggantungkan kenyamanan indoor-mu melalui penggunaan alat pendingin ruangan.

Sayangnya, menggantungkan kenyamanan indoor melalui AC dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan kulit, yaitu menyebabkan kelembapan kulit berkurang sehingga kulit pun menjadi kering. Jika ini terjadi, maka proses penuaan akan terjadi lebih cepat.

2. Sinar UV

5 Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui Sekarangmax-wellness.com

Bukan rahasia umum kalau Indonesia adalah satu dari sekian banyak negara tropis yang cenderung mengalami musim panas berkepanjangan. Hal ini seseorang menjalani aktivitas outdoor dengan potensi terpapar sinar ultraviolet lebih tinggi dari kebutuhan seharusnya.

Nah, tahukah kamu? Sebagaimana dikemukakan oleh pakar konsultan kecantikan Deszell, sun exposure mempercepat proses penuaan kulit. Hal tersebut dikarenakan proliferasi self kulit akibat sinar UV membuat lapisan epidermis menebal dan menjadi lebih kusam. 

3. Polusi

5 Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui Sekarangmarieclaire.com.my

Tidak tersangkalkan, polusi memberi banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa terkecuali kesehatan kulit yang otomatis akan menurun secara berkala jika terus-menerus terpapar polusi udara dalam kadar yang cukup tinggi dan mengkhawatirkan.

Hal ini dibenarkan sendiri oleh Deszell yang menekankan bahwa semakin sering seseorang terpapar polusi udara, maka semakin cepat pula proses penuaan dini yang akan dialami oleh seseorang. Tanpa terkecuali permasalahan kulit lainnya yang patut diperhatikan.

4. Mental-state

5 Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui Sekarangbelmondobeauty.com

Apakah kamu setuju sebuah teori bahwa permasalahan sebenarnya dapat muncul dari dalam dirimu sendiri? Jika kamu menggelengkan kepala, coba ingat-ingat kembali reaksi tubuh fisikmu ketika mengalami beberapa isu mental, seperti stres atau kelelahan.

Tidak jarang stress memengaruhi kondisi kesehatan kulit yang ditandai dengan kulit kering, lingkaran bawah mata yang semakin menggelap, dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan, mental state ini akan membawamu pada proses penuaan dini.

5. Pola makan

5 Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui Sekarangglamour.co.za

Sebuah ungkapan umum menegaskan bahwa, "you are what you eat!" Dan benar saja, fokus pada kondisi kulit, asupan makan yang kamu jalani akan sangat memengaruhi kondisi kulitmu secara kasat mata sekaligus keadaan kulitmu yang jauh lebih mendalam. 

Pasalnya, Eszell mengungkapkan bahwa kulit membutuhkan hidrasi yang nyatanya ditentukan dari apa yang kita makan. Jika asupan makan tidak menjaga kadar hidrasi yang dibutuhkan, maka penuaan dini dan permasalahan kulit lainnya akan terjadi begitu saja.

https://www.youtube.com/embed/2tk6i7sK8Bg

Baca Juga: Waspada Penuaan Dini, Cara Cek Jika Kamu Mengalaminya Tanpa Disadari

Baca Juga: Say Bye-Bye to Penuaan Dini dengan 4 Langkah Mudah Ini! 

Baca Juga: Hadirkan Virtual Makeup, BeautyFest Asia 2020 Sarat Teknologi Mutakhir