Skincare routine yang harus dilakukan setiap malam oleh seseorang, tentu akan berbeda dengan orang lain. Hal ini karena skincare routine berhubungan erat dengan jenis perawatan untuk mengatasi masalah kulit yang dimiliki. 

Untuk menghadapi kulit berjerawat, pada dasarnya dibutuhkan tahapan skincare yang dapat meredakan peradangan dan mencegah jerawat agar tidak semakin parah. Apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Lakukan double cleansing

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Hariallure.com

Kulit berjerawat umumnya terjadi akibat produksi sebum yang meningkat dan tersumbat di pori-pori karena terhalang sel kulit mati yang menumpuk. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah jerawat adalah membersihkan wajah dengan teknik double cleansing.

Untuk penerapannya, kamu bisa menggunakan cleansing oil dan face wash. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kulit benar-benar bersih dari makeup, sunscreen, dan debu setelah beraktivitas seharian.

2. Eksfoliasi wajah 2 kali seminggu

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Hariwomenshealthmag.com

Selain double cleansing, kamu juga bisa membersihkan kulit wajah dengan menerapkan metode eksfoliasi. Namun, untuk melakukannya, disarankan menggunakan produk yang mengandung BHA karena dipercaya dapat membersihkan hingga ke dalam pori-pori.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa kegiatan eksfoliasi ini sebaiknya hanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu minggu saja. Sebab, jika terlalu sering dilakukan, kulit justru akan jadi kering, rusak, dan memicu munculnya masalah kulit yang lain.

3. Aplikasikan hydrating toner

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Haribyrdie.com

Untuk merawat kulit berjerawat, ternyata dibutuhkan pula produk yang bersifat hidrasi agar kulit dapat tetap tampak sehat dan kenyal. Maka dari itu, kamu juga harus menggunakan hydrating toner dalam rangkaian night skincare routine yang dilakukan.

Pasalnya, hydrating toner merupakan salah satu produk hidrasi kulit yang diyakini sangat efektif untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

4. Jangan lupa gunakan serum!

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Harivivianewoodard.com

Penggunaan serum dalam rangkaian night skincare routine, sangat penting untuk mengontrol produksi sebum pada kulit. Namun, disarankan untuk memilih serum yang mengandung niacinamide atau salicylic acid.

Sebab, kedua kandungan tersebut sangat baik untuk meredakan peradangan, mengontrol sebum, dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

5. Aplikasikan pelembap

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Hariallure.com

Selain hydrating toner, kamu juga bisa mengaplikasikan moisturizer untuk memastikan jika kulit benar-benar terhidrasi dengan baik. Adapun kandungan pada moisturizer yang efektif untuk menjaga hidrasi kulit adalah ceramide, hyaluronic acid, dan glycerin.

Dalam pemilihan moisturizer, disarankan pula bagi pemilik kulit berjerawat untuk menggunakan moisturizer yang memiliki tekstur gel dan oil free.

6. Gunakan spot treatment bila perlu

Biar Wajah Bebas Jerawat, Lakukan 6 Hal Ini di Malam Haribespotted.org

Spot treatment atau spot gel merupakan salah satu perawatan paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk meredakan peradangan pada jerawat. Kandungan benzoil peroksida atau sulfur yang biasa terdapat pada produk perawatan ini, juga dipercaya dapat meredakan inflamasi dan menghentikan aktivitas bakteri pada kulit.

Itu dia tahapan night skincare routine yang disarankan untuk kulit berjerawat. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang baik, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat, Harus Teratur!"