Ada beberapa penyebab kulit sensitif, misalnya seperti alergi terhadap bahan tertentu, stres, eksfoliasi yang berlebihan, terpapar sinar UV, dan masih banyak lagi. Buat yang punya kulit sensitif pasti pernah merasakan momen di mana kamu harus jadi picky banget sama yang namanya produk skincare. Untuk itu produk buat kulit sensitif biasanya dipilih yang nggak mengandung parfum, alkohol, minyak mineral, dan tentu aman karena tanpa melewati proses animal testing

Nah, kali ini Popbela mau berbagi beberapa skincare wajib buat kamu yang punya kulit sensitif nih. Simak ulasannya yuk!

1. Gunakan face wash yang dapat mengurangi iritasi kulit

Ini 5 Skincare “Holy Grail” untuk Kamu Si Kulit SensitifShutterstock/TORWAISTUDIO

Pemilik kulit sensitif harus teliti dalam memilih face wash. Sebab, kalau nggak teliti dalam memilih, bisa jadi face wash yang kamu gunakan mengandung ingredient yang bisa memicu iritasi kulit. Akibatnya kulitmu akan memerah, bengkak, dan terasa perih. 

Dilansir dari marthastewart.com, dermatolog Robyn Gmyrek dari Park View Laser Dermatology merekomendasikan bahwa pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih face wash yang bebas parfum, paraben, dan alkohol ya. Kalau nggak mau ribet, coba cek apakah face wash yang akan kamu beli terdapat label hipoalergenik atau nggak ya, Bela!

2. Gentle cleanser untuk membersihkan partikel polusi terkecil di kulit

Ini 5 Skincare “Holy Grail” untuk Kamu Si Kulit SensitifShutterstock/Makistock

Tingkat polusi tinggi bukan hanya membahayakan paru-paru tapi juga kulitmu lho, Bela. Ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas dari polusi, mulai dari munculnya jerawat, kulit kering, bintik-bintik hitam, eksim, hingga penuaan dini. Serem ya!

Untuk melindungi kulitmu dari partikel polusi terkecil, pastikan kamu siap sedia gentle cleanser ya, Bela. Buat yang belum tahu, gentle cleanser ini adalah pembersih wajah yang relatif aman untuk kulit sensitif karena nggak mengandung parfum, alkohol, sodium lauryl sulfate, scrub, bahan eksfoliasi, dan lain sebagainya. 

3. Toner dapat menjaga kelembaban sekaligus menenangkan kulit lho

Ini 5 Skincare “Holy Grail” untuk Kamu Si Kulit SensitifShutterstock/Potential Filmmaker

Membersihkan wajah dengan sabun muka saja belum cukup lho. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran atau sabun yang masih menempel pada wajah. Selain itu, toner juga punya manfaat lainnya lho, seperti melembabkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan masih banyak lagi. 

Nah, untuk mencegah timbulnya iritasi akibat menggunakan toner, pastikan kandungannya terbebas dari alkohol, salicylic acid, dan paraben ya. Sebaliknya, pastikan toner yang kamu gunakan mengandung anti-oksidan untuk mencegah penuaan dini. Nggak mau dong usia mudamu sudah dihiasi oleh kerutan-kerutan halus?

4. Day moisturizer jadi skincare item wajib setiap hari

Ini 5 Skincare “Holy Grail” untuk Kamu Si Kulit SensitifShutterstock/Sellwell

Dilansir dari byrdie.com, day moisturizer mengandung SPF untuk melindungi kulitmu dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Alhasil, kamu bisa cegah munculnya bintik-bintik hitam pada wajah, belang, dan kerutan halus deh. Jadi, intinya day moisturizer ini adalah ‘sahabat’ pelindung kulitmu.

Day moisturizer juga lebih ringan di kulit, sehingga kulit nggak akan terasa terlalu berminyak saat makeup. Makanya, bagi kamu yang masih beraktivitas di luar, day moisturizer ini penting banget. Wajib ada di makeup pouch kamu!

5. Night cream untuk membantu memulihkan kulit secara alami

Ini 5 Skincare “Holy Grail” untuk Kamu Si Kulit SensitifShutterstock/TORWAISTUDIO

Ini dia si holy grail terakhir yang harus dimiliki oleh kamu si kulit sensitif. Night cream punya banyak kandungan yang bisa memulihkan kondisi kulitmu sekaligus menjaga keremajaannya. Contohnya seperti SAFI Dermasafe Rehydrate & Recover Night Moisturizer yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Kandungan bahan alami dari SAFI Dermasafe Rehydrate & Recover Night Moisturizer punya banyak manfaat lho. Pertama, ada Licorice dan Chamomile untuk mengurangi kulit kemerahan, iritasi,dan meringankan ketidaknyamanan kulit. Kedua, asam hyaluronic untuk mengunci kelembapan wajah. Ketiga, niacinamide untuk membuat fungsi pertahan kulit melwan faktor eksternal seperti debu, polusi, dan kotoran. Jadi, dengan menggunakan SAFI Dermasafe Rehydrate & Recover Night Moisturizer ini kulitmu bisa jadi lebih cerah secara alami deh, Bela. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan SAFI Dermasafe Hydrate & Refresh Booster Mist dengan formula 2in1 toner dan moisturizer untuk meningkatkan kelembaban, menenangkan dan melindungi kulit, serat membuat makeup jadi lebih tahan lama. 

Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan rangkaian produk SAFI Dermasafe lainnya seperti SAFI Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser untuk membersihkan dan menjaga kesimbangan kelembapan wajah, SAFI Dermasafe Gentle Care Mousse Cleanser untuk mengangkat kotoran dan minyak secara maksimal sekaligus melembapkan kulit, dan juga SAFI Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer untuk menjaga kesejukan dan ketenangan kulit serta mencerahkan kulit secara alami. 

Tenang saja, seluruh rangkaian produk SAFI Dermasafe ini menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit sensitif lho. Jadi, untuk kamu yang butuh skincare yang nggak bikin iritasi, gunakan SAFI Dermasafe ya! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini ya!

Itu dia lima must have skincare untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Yuk pastikan kamu menggunakan skincare yang bebas alkohol, parfum, dan paraben untuk cegah iritasi pada kulit ya, Bela! (CSC)

Baca Juga: Perbedaan Kulit Sensitif dengan Acne Prone Skin, Kamu yang Mana?