Sudah rajin membersihkan serta merawat kulit wajah namun tetap terlihat kusam? Atau sudah mengurangi makanan berminyak namun jerawat tetap meradang? Bisa jadi kamu sedang stres lho. Nggak cuma berdampak pada pikiran, stres ternyata juga memiliki efek buruk bagi kulit wajah. Apa saja sih yang terjadi pada kulit kalau kita stres? Baca terus yuk!

1. Mempercepat penuaan dini

Nggak Cuma Mengganggu Pikiran, Stres Juga Berdampak Buruk Bagi KulitmuDok. WSJ

Walaupun tidak secara langsung menyebabkan kerutan, dilansir dari Seventeen, tingkat stres yang tinggi dapat membuat garis-garis halus pada wajah muncul dalam beberapa tahun ke depan. "Saat stres, tubuh yang seharusnya bisa menangkal hal buruk seperti sinar matahari, asap rokok, atau polusi, justru sibuk meredekan stres. Hal inilah yang membuat wajah bisa terlihat lebih tua." jelas Dr. Bowe, seorang dermatologis asal New York.

2. Meningkatkan risiko terkena kanker kulit

Nggak Cuma Mengganggu Pikiran, Stres Juga Berdampak Buruk Bagi KulitmuDok. IQ Beauty

Stres memang tidak akan membuat kamu terkena penyakit seperti kanker. Namun, stres dapat dengan cepat menurunkan sistem imun tubuh, Ketika sistem imun tubuh dalam kondisi yang tidak baik, berbagai penyakit termasuk kanker dapat dengan mudah menyerang. Seram yah!

3. Menyebabkan susah tidur

Nggak Cuma Mengganggu Pikiran, Stres Juga Berdampak Buruk Bagi KulitmuPinterest

Ketika sedang memiliki masalah atau sedang dalam keadaan stres, pasti kamu jadi kesulitan untuk tidur di malam hari kan? Padahal waktu tidur yang cukup dan berkualitas jadi salah satu faktor pendukung untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat lho. Ketika kamu kurang tidur, hormon kortisol pun akan meningkat. Kortisol sendiri dapat menyebabkan tekanan darah meningkat serta menyebabkan jerawat.

4. Membuat keadaan kulit jadi buruk

Nggak Cuma Mengganggu Pikiran, Stres Juga Berdampak Buruk Bagi KulitmuPinterest

Stres dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh berkurang. Ketika kadar oksigen berkurang, maka kondisi kulit pun akan menurun sehingga bisa menyebabkan wajah jadi terlihat kusam. Yang lebih parah, kulit juga bisa mengalami inflamasi atau bahkan jerawat.

Jadi, mulai sekarang stop stres yuk biar kulit tetap sehat!

BACA JUGA: 3 Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami Dengan Cepat​